Hukum Shalat Berduaan Dengan Pacar

Ilustrasi shalat berduan dengan pacar
Tidak dipungkiri banyak dijumpai perbuatan yang berkedok ibadah (akhirat) tidak bernilai pahala bahkan sanggup berbuah dosa, juga sebaliknya tidak jarang acara yang terlihat keduniawian tapi malah bernilai ibadah. 

Sering terlihat pasangan muda-mudi yang pergi berdua padahal mereka belum terikat dalam korelasi yang halal. Jika mereka melakukan khalwat (berduaan di daerah sepi) sudah pastilah haram hukumnya meskipun yang dibincangkan problem yang bernilai positif. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

أَلاَ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُ ، فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ ، إِلاَّ مَحْرَمٍ

"Janganlah seorang pria berduaan dengan seorang perempuan yang tidak halal baginya alasannya ialah sebetulnya syaithan ialah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya." (HR. Ahmad no. 15734)

Bagaimana bila yang dilakukan mereka berdua ialah shalat berjamaah? 

Shalat ialah acara ibadah yang barangsiapa melakukannya maka akan menerima pahala. Akan tetapi bila yang melaksanakan ibadah shalat tersebut ialah sepasang muda-mudi yang saling berjamaah dalam satu ruangan maka hukumnya berbeda dan diperinci sebagai berikut:
  1. Jika di daerah tersebut banyak lelaki lain, namun wanitanya hanya seorang saja maka hukumnya haram alasannya ialah dikhawatirkan terjadi fitnah.
  2. Jika lelakinya hanya seorang dan wanitanya pun satu orang maka hukumnya ialah haram alasannya ialah terjadinya khalwat (berduaan).
  3. Jika lelakinya seorang akan tetapi wanitanya banyak maka boleh asalkan wanitanya sanggup dipercaya. (Asnal Mathalib juz 1 hlm 210)
ﺃﺳﻨﻰ ﺍﻟﻤﻄﺎﻟﺐ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺭﻭﺽ ﺍﻟﻄﺎﻟﺐ ( /1 210) ﻱ َّﻭَﺍﻗْﺘِﺪَﺍﺅُﻫُﻦ ﺑِﺮَﺟُﻞٍ ﺛُﻢَّ ﺧُﻨْﺜَﻰ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣﻦ ﺍﻗْﺘِﺪَﺍﺋِﻬِﻦَّ ﺑِﺎﻟْﻤَﺮْﺃَﺓِ ﻟِﻤَﺰِﻳَّﺘِﻬِﻢَﺍ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭَﺫِﻛْﺮُ ﺍﻟْﺨُﻨْﺜَﻰ ﻣﻦ ﺯِﻳَﺎﺩَﺗِﻪِ ﻟَﻜِﻦَّ ﺧَﻠْﻮَﺓَ ﺍﻟْﺄَﺟْﻨَﺒِﻲِّ ﻭَﺇِﻥْ ﺗَﻌَﺪَّﺩَ ﻣﻦ ﺭَﺟُﻞٍ ﺃﻭ ﺧُﻨْﺜَﻰ ﺑﻬﺎ ﺃَﻱْ ﺑِﺎﻟْﻤَﺮْﺃَﺓِ ﺣَﺮَﺍﻡٌ ﻟِﺨَﻮْﻑِ ﺍﻟْﻔِﺘْﻨَﺔِ ﻧﻌﻢ ﺇﻥْ ﻭَﺟَﺪَﻫَﺎ ﻣُﻨْﻘَﻄِﻌَﺔً ﺑِﺒَﺮِّﻳَّﺔٍ ﺃﻭ ﻧَﺤْﻮِﻫَﺎ ﺟَﺎﺯَ ﻟﻪ ﻟِﻠﻀَّﺮُﻭﺭَﺓِ ﺍﺳْﺘِﺼْﺤَﺎﺑُﻬَﺎ ﺑَﻞْ ﻭَﺟَﺐَ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﺫَﺍ ﺧَﺎﻑَ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻟﻮ ﺗَﺮَﻛَﻬَﺎ ﻟِﺨَﺒَﺮِ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﻓﻲ ﻗِﺼَّﺔِ ﺍﻟْﺈِﻓْﻚِ ﺫَﻛَﺮَﻩُ ﻓﻲ ﺍﻟْﻤَﺠْﻤُﻮﻉِ ﻭَﺧَﺮَﺝَ ﺑِﻘَﻮْﻝِ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒِ ﺑﻬﺎ ﺧَﻠْﻮَﺗُﻪُ ﺑِﻬِﻦَّ ﻓَﺠَﺎﺋِﺰٌ ﺇﺫَﺍ ﻛُﻦَّ ﺛِﻘَﺎﺕٍ ﻛﻤﺎ ﺳَﻴَﺄْﺗِﻲ ﻓﻲ ﺍﻟْﻌَﺪَﺩِ ﻓَﻌُﺪُﻭﻟُﻪُ ﻋﻦ ﻗَﻮْﻝِ ﺍﻟْﺄَﺻْﻞِ ﺑِﻬِﻦَّ ﺇﻟَﻰ ﺑﻬﺎ ﺣَﺴَﻦٌ

Meskipun acara yang terlihat berupa ibadah akan tetapi nilai yang didapat hakikatnya bukanlah pahala melainkan sanggup berakibat dosa alasannya ialah pada ketika tersebut keimanannya terlepas sehingga tidaklah mungkin maksiat sanggup terjadi. Rasulullah saw. juga mengingatkan melalui hadisnya. Beliau bersabda, "Tidaklah seorang pezina itu berzina sedang beliau dalam keadaan Mukmin. Tidaklah seorang peminum khamr itu meminum khamr sedang beliau dalam keadaan Mukmin. Tidaklah seorang pencuri itu mencuri sedang beliau dalam keadaan Mukmin. Dan tidaklah seorang perampok itu merampok dengan disaksikan oleh insan sedang beliau dalam keadaan Mukmin."(HR Bukhari [2475] dan Muslim [57]).