Keutamaan Puasa Senin Kamis

Agar kita punya semangat yang besar lengan berkuasa dalam melaksanakan niat puasa senin kamis, maka harus lebih dahulu mengetahui apa saja keutamaan puasa senin kamis. Wajar memang sebagai orang awam, lebih dahulu melihat gajinya berapa sebelum melaksanakan kerjanya, melihat dulu keutamaan dibalik puasa Senin Kamis sebelum mempraktekannya. Sebagai penyemangat di awal-awal, nanti lambat laun melakukannya akan menjadi sebuah kebutuhan dan tidak melihat pahalanya tapi ikhlasnya.

Berikut ini beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang berhasil Saya rangkum dari banyak sekali literatur yang terpercaya dan harus Anda buktikan sendiri. Dalam hal ini Saya akan membagi dalam 2 keutamaan secara garis besar yakni dalam hal kesehatan fisik dan dalam hal kesehatan mental.

Keutamaan puasa Senin Kamis untuk kesehatan fisik

Meremajakan dan mengencangkan kulit
Ketika kita berpuasa, maka proses metabolisme pun istirahat sejenak. Kesempatan ini dipakai untuk sel-sel badan untuk memaksimalkan kerjanya dalam mengganti sel-sel yang rusak pada organ insan termasuk kulit. Dengan demikian sel kulit yang telah aus diganti dengan yang lebih muda sehingga tampak lebih muda dan kencang. Bagi kaum hawa, tentunya akan membuat penampilan lebih mengagumkan dan abadi muda.

Mengeluarkan toksin dalam tubuh
Toksin yang dimaksud bisa berupa pengawet, pewarna, perasa makanan kimia yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika kita puasa berhenti makan dan minum, maka akan meminimalisir masuknya semua toksin-toksin tersebut dan memberi kesempatan pada toksin yang mengendap untuk segera keluar dari tubuh, baik itu lewat keringat atau buang air. Maka tak heran kalau kita sudah berpuasa, badan akan terasa ringan.

Menyehatkan organ pencernaan dan ginjal
Ketika kita makan dan minum setiap hari maka otomatis organ pencernaan dan ginjal pun bekerja tiap hari tanpa istirahat. Ketika kita berpuasa hari Senin dan Kamis, maka organ pencernaan dan ginjal diberi kesempatan beristirahat dari kerjanya 2 hari dalam seminggu. Hal ini tentu akan memperpanjang usia organ pencernaan dan ginjal kita dan lebih maksimal atau bertenaga dalam mengeluarkan banyak sekali toksin dalam badan lewat urine atau buang air.

Menurunkan kadar lemak
Ketika kita berpuasa, maka lemak yang ada didalam badan kita akan dirubah menjadi kalori dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari. Dengan demikian kadar lemak yang menumpuk akan berkurang sehingga bisa terhindar dari kolesterol, tekanan darah tinggi dan kegemukan. Tak heran kalau habis puasa, perut yang biasanya 'semakin di depan' akan sedikit-sedikit 'memundurkan dirinya sendiri'.


Keutamaan puasa Senin Kamis untuk kesehatan mental

Mengendalikan diri
Orang yang berpuasa dengan benar, akan bisa bisa mengendalikan dirinya dari sifat-sifat yang kurang baik menyerupai pikiran negatif, suuzhon, ngeres dan lainnya. Sebaliknya puasa  akan memunculkan sifat yang baik menyerupai tabah dan menahan diri. Dengan demikian jiwanya selalu hening dalam menghadapi banyak sekali hal, tak mudah stress dan depresi.

Membuat hati lebih peka
Dengan puasa kita akan mencicipi rasa lapar dan haus. Itulah yang dirasakan oleh orang-orang yang kurang beruntung dari segi harta yang mungkin saja mereka hanya bisa menerima makanan seminggu sekali saja. Dengan demikian akan timbul rasa iba untuk membuatkan menyedekahkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang tidak beruntung menyerupai itu.


Keutamaan puasa Senin Kamis lainnya

Semua amalan diterima
Menurut beberapa riwayat hadits, hari Senin dan Kamis yaitu hari dihadapkannya amalan kita kepada Allah. Nabi melaksanakan puasa Senin Kamis alasannya yaitu dia menyukai ketika amalannya disetor dalam keadaan puasa. Dengan demikian puasa bisa menjadi penolong atau syafaat semoga amalan harian kita bisa diterima Yang Mahakuasa SWT.

Mendapatkan pahala yang besar
Pahala amalan yang paling besar yaitu puasa sampai-sampai Yang Mahakuasa pun berfirman bekerjsama puasa hambaku yaitu buat diriku. Hal ini mengindikasikan bahwa pahala puasa benar-benar tinggi alasannya yaitu orang yang sedang berpuasa tidak kelihatan secara zhohir sedang puasa atau tidak.

Itulah sedikit gosip ihwal keutamaan puasa Senin Kamis yang mudah-mudahan kita pun bisa konsisten mengamalkannya. Jangan lupa, sebelum melaksanakan puasa Senin Kamis, baca dulu niat atau niat puasa senin kamis.