Manfaat dan Khasiat Ayat Kursi

Setelah Anda hafal dan mengetahui bacaan ayat kursi, ada baiknya sahabat muslim juga mengetahui apa saja khasiat Ayat Kursi tersebut.

Saya tidak akan menuis lagi suara dari ayat 255 dari Surah al-Baqarah tersebut beserta artinya, alasannya yaitu sudah Saya tuliskan pada artikel sebelumnya. Bagi sahabat yang belum hafal ayat Kursi, berikut ini Saya tuliskan beberapa keuntungan atau manfaat membaca Ayat Kursi supaya sahabat bersemangat dalam menghafalnya.

Manfaat dan Khasiat Ayat Kursi
  1. Nabi bersabda : Barangsiapa membaca 4 ayat-ayat  pertama dari Surah al-Baqarah, kemudian membaca Ayat Kursi dan membaca 3 ayat-ayat terakhir dari Surah al-Baqarah, maka beliau tidak akan mendapatkan kesulitan apapun  dalam hal kekayaannya atau dirinya sendiri, setan tidak akan mendekati beliau dan beliau tidak akan melupakan Qur'an.
  2. Nabi mengatakan : Al Qur'an yaitu kata-kata yang agung, dan Surah al-Baqarah yaitu Bapaknya Al-Qur'an dan Ayat Kursi yaitu Bapaknya Surah al-Baqarah. Dalam Ayat Kursi ada 50 kata dan setiap kata mengandung 50 keberkahan dan kebaikan di dalamnya.
  3. Seseorang yang membacakan Ayatul Kursi setiap pagi maka beliau akan menerima perlindungan, keselamatan dari Tuhan hingga malam.
  4. Jika bacaan/tulisan ayat dingklik ini diikatkan pada harta benda atau anak-anak, maka mereka akan aman dari gangguan setan.
  5. Nabi Kami mengatakan bahwa hal ini mampu meningkatkan memori yakni makanan manis (kurma), daging hewan yang disembelih dengan cara Islam, kacang-kacangan, roti cuek dan pembacaan Ayatul Kursi.
  6. Bagi orang yang kita sayangi dan telah meninggal, maka pembacaan Ayatul Kursi dan memberikannya sebagai hadiah kepada mereka, maka memberi akan menerima cahaya di dalam kubur.
  7. Sering membaca ayat Kursi akan membuat proses kematian atau sakaratul maut kita menjadi mudah.
  8. Ketika kita meninggalkan rumah, lalu melafalkan ayat Kursi sekali, maka Tuhan Yang Mahakuasa mentugaskan satu kelompok malaikat untuk melindungi kita. Jika dibacakan dua kali, kita diberi 2 kelompok malaikat yang ditugaskan untuk melaksanakan hal ini. Jika dibacakan 3 kali, maka Tuhan sendiri yang menjaga kita.
  9. Nabi saw bersabda: Jika seseorang melafalkan Ayatul Kursi sebelum tidur, Tuhan akan mengirimkan seorang malaikat untuk datang dan melihat Anda dan melindunginya.
  10. Ketika seseorang sendirian di rumah, pembacaan Ayatul Kursi dan meminta kepada Tuhan untuk mendapat perlindungan, maka hal ini akan membuat Anda tetap damai dan tidak akan takut sama sekali.
  11. Nabi saw bersabda: Ketika kita meninggalkan rumah, dan jikalau seseorang melafalkan Ayatul Kursi, maka Tuhan akan mengirim 70.000 malaikat untuk meminta pengampunan hingga beliau pulang ke rumah, dan sekembalinya, maka kemiskinan akan lenyap dari dia.
  12. Seseorang yang mengucapkannya setelah setiap sholat, maka shalatnya akan diterima, dan beliau akan tetap dalam keselamatan Yang Mahakuasa dan Dia akan melindunginya.
  13. Allah berfirman kepada Nabi Musa (as): Jika seseorang melafalkan  ayat Kursi setelah setiap shalat, maka Tuhan Yang Mahakuasa akan membuat hatinya selalu bersyukur dan akan memberinya pahala ibarat pahalanya para nabi, dan perbuatannya akan menjadi ibarat orang-orang yang benar.
Itulah sedikit gambaran wacana keistimewaan dan manfaat membaca ayat Kursi yang mudah-mudahan mampu jadi penyemangan buat kita semua dalam mewiridkannya.