Keutamaan dan Manfaat Shalat Tahajjud Setiap Malam



Keutamaan dan Manfaat Shalat Tahajjud bisa dirasakan jikalau kita sudah melakukannya secara rutin dan terus menerus. Jika kita melakukannya setengah-setengah atau malam ini sholat dan besok malamnya tidak, maka saya rasa efeknya kurang nendang. Lain halnya jikalau anda seorang perempuan. Niatkan saja 40 hari ke depan anda akan sholat tahajjud, walaupun ternyata di hari ketiga berhalangan (datang bulan). Hal tersebut tidak mengurangi pahala shalat tahajjud. alasannya ialah sudah diniatkan. Sekali lagi, di-ni-at-kan. Setelah masa haid itu habis, lanjut lagi sholat tahajjudnya, jangan terputus. Insya Allah, segala hajat dan cita-cita akan terwujud. Karena tahajjud itu = tahu-tahu hajat terwujud. itu pelesetan ya. 

Shalat Tahajjud ialah shalat sunnah yang dilakukan di malam hari setelah berdiri tidur. Jumlah rakaatnya dimulai dari 2 rakaat hingga tak terhingga. Setiap 2 rakaat salam. Kalau hajatnnya lagi kenceng, butuhnya lagi kenceng banget minimal 8 rakaat. Bacaan setelah surat Al fatihah setiap rakaatnya tidak ada surat khusus yang wajib dibaca. Dimulai dari yang mudah saja. Yang pendek-pendek saja. Tuhan Maha Tahu terhadap kemampuan hamba-Nya. Tuhan tidak pernah lalai terhadap apa yang dilakukan hamba-Nya. Makara mulai sekarang, sholat tahajjudlah. Setelah 8 rakaat selesai jangan lupa berdoa. Berdoa sesuai hajat masing-masing. Pakai bahasa Indonesia juga nggak apa-apa, bahkan pakai bahasa tempat juga tidak masalah. Tuhan Maha Tahu. Ketika berdoa, awali dan akhiri dengan sholawat dan istighfar. Selesai berdoa jangan lupa, membaca dzikir dan tasbih. Lebih afdhal lagi kalau dilanjutkan dengan membaca Al Quran. Insya Allah, hajat anda akan segera diproses.

Ada yang protes, "kok sholat tahajjud berbau dunia ya?" Saya jawab, "ya biarin aja. Yang protes ibarat itu tuh belum tentu ia sholat tahajjud." Sekali lagi saya bilang, belum tentu tuh ia sholat tahajjud. Kenapa? Karena kebanyakan protes mulu. Yang namanya dakwah itu, ada level atau tingkatannya. Dakwah terhadap masyarakat umum (awam) jangan disamakan dengan dakwah terhadap orang yang sudah berpengaruh imannya.

Keutamaan Sholat Tahajjud

Salah satu keutamaan sholat tahajjud ialah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Tuhan Subhanahu Wataala. Shalat tahajjud ialah salah satu cara yang dianjurkan oleh Tuhan untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Kalau sudah dekat, akrab, apa yang menjadi hajat kita pasti akan cepat dikabul, cepat di-approve. Sama halnya dengan dunia kerja, kalau sudah dekat sama boss, apapun proposalnya pasti diterima.

Tuhan akan mengangkat siapa saja hamba-Nya yang rajin sholat tahajjud ke derajat yang lebih tinggi. Ini tercatat dalam Al Alquran surat Al Isra. ".... 'asaa ayyab'atsaka robbuka maqaamm mahmuudaa." Yang Insya Tuhan artinya '... semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang lebih terpuji, lebih tinggi." Kalau menurut bahasa kita mah, agar hidup kita berubah. Betul itu!! Jabatan naik, gaji naik, hidup ada perubahan, anak yang tadinya melawan menjadi sholeh, istri yang tadinya pisah ranjang bisa balik lagi, utang lunas, piutang dibayar, pelanggan nambah banyak, pembeli berdatangan, pikiran tenang, pekerjaan gampang, yang belum punya jodoh jadi punya jodoh, yang nggak punya rumah jadi punya rumah, yang sakit jadi sehat, yang tidak punya anak jadi punya anak... pokoknya segala kebaikan akan datang kepada kita.

Selain itu, shalat tahajjud juga sangat dianjurkan bagi anda yag profesinya sebagai boss, pimpinan perusahaan, manajer, guru, ustadz, penceramah, salesman, dan marketing. Karena tahajjud itu bisa 'memberatkan' lisan. Segala yang diucapkannya, selalu didengar oleh bawahannya, oleh murid-muridnya, oleh jamaahnya, oleh calon customernya. Ucapan yang keluar dari seorang yang rajin tahajjud itu selalu berwibawa, kharismatik, dan memikat. Tidak percaya? Jajal aja dulu. Coba aja dulu sholat tahajjud 3 hari, 7 hari, 21 hari atau 40 hari. Rasakan bedanya. Bedain sebelum dan sesudah rutin bertahajjud.

Manfaat Sholat Tahajjud

Udah dulu ya... Mengenai manfaat sholat tahajjud akan saya share di artikel lain...