10 Amalan Penghapus Dosa

Amalan Penghapus Dosa-Manusia tentu berbuat dosa serta tentu perlu ampunan Allah. Oleh karenanya Allah memberi keutamaan serta kemurahan pada hambaNya dengan mensyariatkan amalan-amalan yang bisa meniadakan dosa selain taubat. Beberapanya diterangkan dalam Al Qur’an serta beberapanya lagi dalam Sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Salah satunya seperti berikut Amalan Penghapus Dosa : 

1. Menyempurnakan wudhu serta jalan ke masjid, seperti di sampaikan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam : 
“Maukah kalian saya perlihatkan suatu hal yang bisa meniadakan dosa serta mengangkat derajat. Mereka menjawab : ya wahai rasululloh. Beliau berkata : menyempurnakan wudhu saat saat susah serta perbanyak langkah kemasjid dan menanti shalat satu ke shalat yang lain, lantaran hal semacam itu yaitu ribath” (HR Muslim serta Al Tirmidzi). 

Juga dalam sabda beliau yang lain : 
“Jika seorang berwudhu lantas menyempurnakan wudhunya lalu pergi sholat dengan niatan cuma untuk sholat, jadi tak mengambil langkah satu langkah terkecuali Allah angkat satu derajat serta hapus satu dosa” (HR. Al Tirmidzi). 

10 Amalan Penghapus Dosa

2. Puasa hari Arafah serta A’syura’, dalilnya : 
“Nabi Bersabda Shallallahu’alaihi Wasallam : Puasa hari Arafah saya mengharapkan dari Allah untuk meniadakan satu tahun yang terlebih dulu serta satu tahun sesudahnya serta Puasa hari A’syura saya mengharapkan dari Allah meniadakan satu tahun yang sudah lalu” (HR. At Tirmidzi serta di-shahih-kan Al Albani dalam Shahih Al Jaami’ no. 3853) 

3. Shalat Tarawih di bln. Ramadhan, dengan dalil sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam : 
“Siapa yang menegakkan romadhon (shalat tarawih) dengan iman serta mengharap pahala Allah jadi diampunilah dosanya yang sudah lalu” (Muttafaqun ‘Alaihi) 

4. Haji yang mabrur, dengan dalil : 
“Siapa yang berhaji lantas tak berkata keji serta berbuat kefasikan jadi kembali seperti hari ibunya melahirkannya” (HR. Al Bukhari) 

serta sabda beliau : 
“Haji mabrur balasannya hanya surga” (HR. Ahmad). 

5. Memaafkan hutang orang yang susah membayar, dengan dalil : 
“Dari Hudzaifah beliau berkata Allah memanggil seseorang hambaNya yang Allah karuniai harta. Jadi Allah berkata padanya : Apa yang anda lakukan di dunia? Ia menjawab : Wahai Rabb anda sudah menganugerahkanku hartaMu lantas saya bermuamalah dengan beberapa orang. Serta dulu akhlakku yaitu memaafkan, hingga saya dulu memudahkan orang yang dapat serta tunda pembayaran hutang orang yang susah membayar. Jadi Allah berfirman : Saya lebih memiliki hak darimu jadi maafkanlah hambaKu ini” (HR. Muslim). 

6. Lakukan kebaikan sesudah berbuat dosa, dengan dalil : 
“Bertakwalah pada Allah dimana saja anda ada, ikutilah kejelekan dengan kebaikan yang menghapusnya serta pergauli manusia dengan norma yang mulia” (HR Al Tirmidzi serta Ahmad serta dishohihkan Al Albani dalam Shohih Al Jaami’ no. 97.) 

7. Berikan salam serta berkata baik, dengan dalil sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam : 
“Sesungguhnya termasuk juga sebab memperoleh ampunan yaitu memberi salam serta berkata baik” (HR Al Kharaithi dalam Makarim Al Akhlak serta di-shahih-kan Al Albani dalam Silsilah Al Ahadits Al Shahihah, no. 1035) 


8. Sabar atas musibah, sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam : 
“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman : Sungguh Saya apabila menguji seseorang hambaKu yang mukmin, lantas ia memujiku atas ujian yang saya timpakan padanya, jadi ia bangkit dari tempat tidurnya itu bersih dari dosa seperti hari ibunya melahirkannya” (HR Ahmad, serta dihasankan Al Albani dalam Silsilah Al Ahadits Al Shohihah no. 144). 

9. Melindungi shalat lima saat serta jum’at dan puasa Ramadhan, dengan dalil sabda Rasulullah : 
“Sholat lima saat serta jum’at ke jum’at serta Romadhon ke Romadhon yaitu penghapus dosa di antara keduanya sepanjang menjauhi dosa besar” (HR Muslim) 

10. Mengumandangkan adzan, dengan dalil sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam : 
“Seorang Muadzin diampuni dosanya selama (gema) suaranya” (HR Ahmad serta dishohihkan Al Albani dalam Shahih AL Jaami’ no. 1929) 

Demikian 10 Amalan Penghapus dosa, Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang baik setiap harinya.