Kamu Laki?Lakukanlah Hal Ini Pada Hari Jum'at

SUNNAH-SUNNAH PADA HARI JUM'AT-Hari jum’at termasuk juga hari ‘ied (hari raya) pekanan umat Islam seperti perkataan sahabat‘Abdullah bin Zubair saat pernah di saat beliau ‘iedul fithri jatuh pada hari jum’at, “Dua hari raya dalam satu waktu” (HR. Abu Dawud, dinilai shahih Al Albani) 

Di hari jum’at, seseorang lelaki muslim yang sudah baligh harus melakukan shalat jum’at dengan cara berjama’ah di masjid. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalat Jum’at berjama’ah yaitu keharusan untuk tiap-tiap muslim, terkecuali 4 kelompok, yakni budak, wanita, anak kecil, serta orang yang sakit” (HR. Abu Dawud, dinilai shahih oleh Al Albani) 
Sunnah-sunnah beribadah yang Nabi tuntunkan untuk ditangani di hari Jum’at sangat banyak. Baik sunnah-sunnah pada umumnya, ataupun berkaitan spesial untuk lelaki yang akan melakukan shalat Jum’at. Diantaranya ; 

Sunnah-Sunnah Secara Umum di Hari Jum'at:

1 Perbanyak shalawat Nabi 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling penting untuk kalian yaitu hari Jum’at, jadi perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, lantaran shalawat kalian bakal di sampaikan kepadaku”. Beberapa teman dekat berkata, “Bagaimana diperlihatkan padamu sedang engkau sudah jadi tanah? ” Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk mengonsumsi jasad beberapa Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i) 

sunnah-sunnah pada Hari jum'at

2 Membaca Surah AlKahfi 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat AlKahfi pada hari Jum’at, jadi Allah bakal meneranginya diantara dua Jum’at. ” (HR. Hakim dalam Mustadrok, serta beliau menilainya shahih) 

3 Memperbanyak Doa 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan hari Jum’at lalu berkata, “Di hari Jum’at itu ada satu saat yang bila seorang muslim lakukan shalat di dalamnya serta memohon suatu hal pada Allah Ta’ala, pasti permintaannya bakal dikabulkan. ” Lantas beliau berikan isyarat dengan tangannya yang tunjukkan sekurang-kurangnya saat itu. (HR. Bukhari serta Muslim) 

Yang disebut dengan detik paling akhir dari hari Jum’at yaitu waktu mendekati maghrib, yakni saat matahari akan tenggelam. 

4 Memperbanyak Dzikir Mengingat Allah 

Allah Ta’ala berfirman (yang berarti), “Wahai beberapa orang yang beriman, bila kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, jadi bersegeralah mengingat Allah…” (QS. AlJumu’ah : 9) 

Sunnah-Sunnah Berkaitan Shalat Jum’at 
1 Mandi Jum’at 

Di antara hadits yang mengatakan dianjurkannya mandi pada hari jum’at yaitu hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at, jadi ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari serta Muslim) 

Beberapa ulama ada yang mewajibkan mandi jum’at dalam rencana kehati-hatian berdasar pada hadits dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mandi pada hari Jum’at yaitu harus untuk tiap-tiap orang yang sudah baligh. ” (HR. Bukhari serta Muslim) 

2 Bersihkan Diri serta Memakai Minyak Wangi 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at serta bersuci sedapatnya, lantas menggunakan minyak rambut atau wangi-wangian lalu pergi ke masjid serta tak memisahkan pada dua orang, lantas shalat sesuai sama kekuatan dianya, serta saat imam mengawali khutbah, ia diam serta mendengarkannya jadi bakal diampuni dosanya mulai Jum’at ini hingga Jum’at selanjutnya. ” (HR. Bukhari serta Muslim) 

3 Menggunakan Baju Terbaik 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib untuk kalian beli 2 buah baju untuk shalat jum’at, terkecuali baju untuk bekerja” (HR. Abu Dawud serta Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani) 

Didalam hadits ini Nabi mendorong umatnya supaya beli baju spesial untuk dipakai shalat jum’at. 

4 Bersegera Pergi ke Masjid 

Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jum’at serta tidur siang sesudah shalat Jum’at” (HR. Bukhari). 

Ibnu Hajar Al ‘Asqalani berkata dalam Fathul Bari, “Makna hadits ini yakni beberapa shahabat mengawali shalat Jum’at pada awal saat sebelumnya mereka tidur siang, tidak sama dengan rutinitas mereka pada shalat zuhur saat panas, sebenarnya beberapa shahabat tidur terlebih dulu, lalu shalat saat matahari sudah menyusut panasnya” 

5 Memperbanyak Shalat Sunnah Sebelumnya Khatib Naik Mimbar 

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menjelaskan kalau Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi lalu datang untuk shalat Jum’at, lantas ia shalat sedapatnya serta dia diam dengarkan khutbah sampai usai, lalu shalat berbarengan imam, jadi bakal diampuni dosanya mulai jum’at itu hingga jum’at selanjutnya ditambah tiga hari. ” (HR. Muslim) 

Hadits diatas juga tunjukkan terlarangnya bicara waktu khatib tengah berkhutbah, serta harus untuk tiap-tiap jamaah untuk mendengarkannya 

6 Tak Duduk dengan Memeluk Lutut Saat Khatib Berkhutbah 

Sahl bin Mu’adz bin Anas menyampaikan kalau Rasulullah melarang Al Habwah (duduk sembari memegang lutut) saat tengah dengarkan khatib berkhutbah” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, derajat : hasan) 


7 Shalat Sunnah Sesudah Shalat Jum’at 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian sudah usai kerjakan shalat Jum’at, jadi shalatlah 4 rakaat. ” Amr memberikan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, kalau Suhail berkata, “Apabila engkau terburu-buru lantaran suatu hal, jadi shalatlah 2 rakaat di masjid serta 2 rakaat jika engkau pulang. ” (HR. Muslim, Tirmidzi) 

Sekian beberapa sunnah-sunnah pada hari jum’at yang bisa penulis berikan. Mudah-mudahan kita selalu diberikan semangat dalam menggerakkan sunnah-sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta bersegera menjauhi amalan yg tidak pernah beliau sampaikan