Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Sesudah Sholat Taubat Nasuha

Tata cara niat dan bacaan doa sesudah sholat taubat Nasuha. Sholat taubat yakni merupakan salasatu sholat sunat yang seharusnya kita kerjakan, alasannya yakni arti dari ma'na taubat itu secara etimologi yakni kembali, sedangkan arti secara terminologi yakni mengembalikan diri dari perbuatan maksiat kepada kebaikan menuju ridho Alloh SWT, alasannya yakni kita yakni insan biasa yang mana kita semua ini pergi dari Alloh SWT kembali kepada Alloh SWT jalan Alloh SWT yang kita arungi.

Maka oleh alasannya yakni itu asal mulanya kita lahir ke dunia ini berada dalam kesucian kembalinya pun juga kepada Alloh harus dengan jiwa suci lahir dan batin, nah untuk cara mensucikannya yang paling efektif pertama dengan cara melaksanakan sholat taubat.Taubat yakni salah satu cara untuk menghapus dosa, walaupun sebesar apapun dosa yang telah kita perbuat, Alloh SWT akan mengampuninya dengan cara bertaubat taubatan nasuha.

Kemudian untuk keutamaan waktu mengerjakan Shalat taubat nasuha ada baiknya dikerjakaan ketika malam datang sesudah Sholat isya sehingga anda sanggup mengerjakan Sholat Taubat Nasuha ini dengan khusyu dan tenang. Namun Waktu Shalat Taubat Nasuha juga sanggup dilakukan ketika siang dan malam hari hanya saja anda harus memperhatikan waktu–waktu yang dihentikan untuk melaksanakan Shalat Sunnah. Cara sholat taubat nasuha sendiri sama halnya dengan cara melaksanakan sholat pada umumnya.

Tata cara niat dan bacaan doa sesudah sholat taubat Nasuha Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha

Bilangan Rakaat Sholat Taubat

Jumlah rakaat shalat sunnat Taubat yaitu paling sedikit dua rakaat dengan satu salam dan paling banyak enam rakaat.

Berikut tatacara Sholat Taubat secara ringkas :

1. Berwudhu dengan sempurna.

2. Membaca niat Shalat Taubat :

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى


"Ushollii sunnatat-taubati rok'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar."

Artinya :
Aku berniat sholat taubat dua raka'at alasannya yakni Allah Ta'ala. Allaahu akbar.

3. membaca do'a iftitah

4. Dilanjutkan pada bacaan surat al-fatihah dimulai dari ayat basmalah hingga akhir.

5. Lakukan shalat ibarat biasa, dengan penuh khusyu dan mata tetap terbuka. Pada rakaat pertama membaca QS. Al Kaafiruun [109] dan pada rakaat kedua membaca QS. Al Ikhlash [112].

6. Banyaklah berdoa mohon ampunan Allah ketika bersujud.

“Yang paling akrab antara seorang hamba dengan Rabbnya yakni ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.” (HR. Muslim no. 482, dari Abu Hurairah)

7. Salam.

Setelah Selesai Sholat Taubat
Setelah selesai mengrjakan sholat sunnat Taubat , alangkah baiknya apabila kita memperbanyak membaca dzikir dan istighfar kepada Allah disertai perasaan menyesal yang mendalam sehingga tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa atau maksiat ibarat yang pernah kita perbuat, sesuai dengan syarat taubat yaitu:

1 . Niat secara tulus tidak akan mengulangi perbuatan dosa itu lagi.

2 . Menyesal atas perbuatan yang telah di lakukan.

3 . Harus memiliki 'itikad dalam hati tidak akan melaksanakan dosa itu untuk selama-lamanya.

4 . Kalau dosanya ada kekerabatan dengan insan maka terlebih dahulu sebelumnya minta di maafkan

5 . Istighpar minta ampunan ke pada Alloh SWT.

Bacaan dan Doa Sholat Taubat
Berikut ini merupakan bacaan dan do'a sesudah melaksanakan sholat taubat diantaranya:
1 . Membaca
Subhaanalloohil ‘azhiim. (100 kali)

Artinya: Maha Suci Allah yang Maha Agung.

2 . Membaca, Laa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. (10 kali)

Artinya: Tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan pujian, Yang Maha Menghidupkan dan Yang Maha Mematikan. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

3 . membaca, Laa ilaaha illallooh (100 kali)
Artinya: Tidak ada Tuhan kecuali Allah.

Bacaan Do'a Setelah Sholat Taubat

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Artinya: Ya Alloh sebetulnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapat petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan harapan orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang cerdik sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sebetulnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapat ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat alasannya yakni takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu alasannya yakni cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.

Atau Dengan Do'a Seperti Dibawah Ini
Alloohumma innii astaghfiruka min kulli dzambin tubtu ilaika minhu tsumma ‘udtu fiih, wa astaghfiruka minkulli maa wa’adtuka bihii minnafsii tsumma lam uufi laka bih, wa astaghfiruka minkulli ‘amalin arodtu bihii wajhakal kariimi fakhoolathohuu ghoiruk, wa astaghfiruka min kulli ni’matin an’amta bihaa ‘alayya fasta’antu bihaa ‘alaa ma’shiyatik, wa astaghfiruka yaa ‘aalimal ghoibi wasysyahaadati minkulli dzambin ataituhuu fii dhiyaain nahaari wasawaadillaili fii mala-in wakhola-in wasirrin wa’alaa niyatin yaa haliim,Washollalloohu ‘alaa sayyidinaa muhammadiw wa’alaa aalihii washohbihii wasallam, walhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin.

Artinya: Ya Allah, saya memohon ampun kepada-Mu dari semua dosa yang telah saya pintakan tobatnya kepada-Mu tapi saya mengulangi kembali melakukannya; dan saya memohon ampun kepada-Mu dari semua kesepakatan yang telah kuikrarkan kepada-Mu tetapi tidak kutepati; dan saya memohon ampun kepada-Mu dari semua amal yang semula kuperuntukkan bagi-Mu Yang Mulia tetapi kemudian dicampuri oleh selain-Mu; dan saya memohon ampun kepada-Mu dari semua nikmat yang telah Engkau curahkan kepadaku kemudian saya pergunakan untuk berdurhaka kepada-Mu; dan saya memohon ampun kepada-Mu ya Allah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib dan yang faktual dari semua dosa yang telah kuperbuat disiang hari ataupun di kegelapan malam, ditempat ramai atau di daerah sunyi, secara tersembunyi atau terang-terangan, wahai Dzat Yang Maha Penyantun,semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

WAKTU PELAKSANAAN SHOLAT TAUBAT
Sholat taubat (tobat) termasuk dari sholat sunnah mutlak yang sanggup dilaksanakan kapan saja siang dan malam.
Kecuali waktu yang dihentikan melaksanakan sholat sunnah.
Adapun waktu larangan shalat sunnah ada 5 (lima) sebagai berikut:
1. Dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari.
2. Dari terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah(قيد رمح).
3. Dari ketika matahari persis di tengah-tengah hingga condong.
4. Dari shalat ashar hingga karam matahari.
5. Menjelang karam matahari hingga karam sempurna.

Itulah tata cara sholat taubat yang sanggup Saya sampaikan supaya ada keuntungannya bagi kita semua dalam melaksanakannya dengan khusu dan hidmah.Begitu juga kami sajikan doa sholat dhuah, Shalat Tatsbih  lengkap dengan do'anya, waktu sholat taubat, sholat hajat, do'a sholat taubat, bacaan sholat taubat, doa sholat taubat dan masih banyak lagi yang lainnya maka terus Update disini.