Tata Cara Niat Bacaan Doa Shalat Istkharah Lengkap Dengan Artinya

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Shalat Istkharah Lengkap Dengan Artinya.Dalam kehidupan kita niscaya sering memiliki planning yang belum tau apakah anggun atau tidaknya yang sering menciptakan kita galau bahkan ragu - ragu untuk menentukan dan memutuskan. Misalanya ketika kita harus menentukan siapa yang lebih cocok untuk jodoh kita, menentukan kemana melanjutkan sekolah, atau pun perusahaan mana untuk bekerja kan itu semuanya gres rencana, tidak tau pasti.

Nah untuk memecahkan kebimbangan itu dengan kasih sayangNya Allah SWT melalui Rasulullah SAW menunjukkan solusi kepada kita semua yaitu dengan cara melakukan Shalat Istikharah supaya kita berada dalam shirot (jalan) yang terbaik dan mendapatan ridhoNYA serta hikmah dan manfaat juga fadhilah buat kita yang melaksanakannya.

Sholat Istikharah yakni merupakan sholat sunnah yang mesti harus dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah dalam menentukan semua pilihan kita biar ada dalam kesuksesan dunia maupun akherat. Secara budi kita sanggup menentukan mana yang baik, dan mana yang tidak baik , namun kita sebagai insan selalu menginginkan yang terbaik, maka sudah seharusnya kita terlebih dahulu meminta petunjuk kepada Al Hadii ( Yang Maha Pemberi Petunjuk).

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Shalat Istkharah Lengkap Dengan Artinya Tata Cara Niat Bacaan Doa Shalat Istkharah Lengkap Dengan Artinya

Waktu yang baik untuk Sholat Istikharah
Pada dasarnya shalat istikharah sanggup dilaksanakan kapan saja, asal jangan pada waktu-waktu yang terlarang untuk melakukan shaolat. Namun dianjurkan untuk melakukan sholat itu pada waktu sepertiga malam terakhir menyerupai Sholat Tahajud alasannya yakni kalau dilakukan pada keheningan malam alasannya yakni berpotensi lebih sanggup mendatangkan kekhusyukan dan disaat itu ada yang dinamakan sa'atul ijabah.

Tata Cara Sholat Istikharah
Shalat istikharah boleh dikerjakan paling sedikit dua rakaat atau hingga dua belas rakaat (enam salam).Tata cara atau kaifiyatnya sama dengan shalat fardhu, cuma yang membedakan hanya pada niatnya saja yaitu dengan kata:

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunatan istikharati rok,ataini lillahi ta'alaa

Artinya : Niat saya sholat sunat istikharah dua raka'at alasannya yakni Alloh Ta'alaa

Sesudah membaca Al-Fatihah pada rakaat yang pertama, diutamakan membaca Surah Al-Kafiruun (1 kali). Lalu untuk rakaat kedua setelah membaca Al-Fatihah , diutamakan membaca 1 Surah Al-Ikhlas (1 kali). namun untuk surah yang lain tetap diperbolehkan dibaca setelah membaca surah Al-Fatihah, baik pada rokaat pertama dan kedua.

Setelah salam jangan dulu kemana-mana pribadi berdo'a yang khusus dibaca setelah shalat istikharah kemudian memohon petunjuk dan mengutarakan kasus yang dihadapi.

Dalam hadits  do'a setelah sholat istikharah dari Jabir r.a

"Ya Allah, saya memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa kasus ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah saya di dalam kasus ini. Namun kalau Engkau tahu bahwa kasus ini jelek untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan saya darinya dan jauhkan kasus itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimana pun kebaikan itu berada dan ridhailah saya dengan kebaikan itu". (HR Al Bukhari)

Doa Sholat Istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Artinya :“Ya Allah hamba memohon biar Tuhan memilihkan mana yang baik berdasarkan Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan menunjukkan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung alasannya yakni bahu-membahu Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, kalau Tuhan mengetahui, bahwa duduk kasus ini (sebutkan permasalahan yang anda hadapi) baik bagi hamba, dan baik pula balasannya bagi hamba, maka berilah kasus ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan kalau tidak baik balasannya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas anugrah-Mu

Sesudah berdo'a kemudian perbanyaklah baca Surat Al'Alaq ayat kelima yaitu:

'Allamal intsaana maa lam ya'lam.

Artinya: Dia mengajarkan kepadamanusia apa yang tidak diketahuinya.

Sholat Sunah Istikharah ini sebaiknya dilaksanakan 3 malam atau 7 malam berturut turut hingga anda sudah diberikan petunjuk oleh Alloh atas apa yg harus anda lakukan atau apa yang harus dipilih. Untuk pemanis juga anda sanggup menambahkan Sholat Sunah Hajat dan jangan lupa untuk mengerjakan Shalat wajib 5 waktu alasannya yakni hal tersebut lah yang menjadi kewajiban anda.

Sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang bahwa setelah Shalat istikharah biasanya akan menerima petunjuk melalui mimpi, meskipun hal itu tidak salah namun tidak selamanya benar alasannya yakni sanggup jadi mimpi itu memang sebagai pentunjuk dan tiba dari Allah SWT, tapi tidak menutup kemungkinan mimpi juga sanggup tiba dari syetan yang sengaja menggoda.

Itula yang sanggup Saya sampaikan mengenai Tata Cara Sholat Istkharah Lengkap Dengan Doa Serta Bacaannya Yang Benar, begitu juga kami sajikan tata cara shalat istikharah jodoh, niat shalat istikharah dan doanya, doa shalat istikharah, sholat taubat, Sholat Tahajud, dan masih banyak lagi yang lainnya, semoga sanggup membawa manfaat bagi kita semua dan dihasilkan semua apa yang kita inginkan.Amiiin