10 Hari Pertama Bulan Dzul Hijjah


KEUTAMAAN BERIBADAH DI 10 HARI PERTAMA BULAN DZUL HIJJAH

By . Abu Riyadl

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ :  مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ مِنْ هَذِ هِ اْلأَيَّامِ –يَعْنِي أَيَّامُ الْعَشْرِ-  قَالُوا : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَ لَا الْجِهَادُ فِي سَبِيْلِ اللهِ ؟  قَالَ : وَ لَا الْجِهَادُ فِي سَبِيْلِ اللهِ, إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, sebenarnya Nabi shalallahu alaihi wasalam bersabda,
“Tidak ada hari-hari yang mana amal shalih pada hari  itu lebih dicintai Yang Mahakuasa ‘azza wa jalla daripada hari-hari ini, -yakni sepuluh hari pertama Dzulhijjah-.” Mereka bertanya, “Ya Rasulullah, tidak pula jihad fi sabilillah?” Beliau bersabda, “Tidak pula jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya, lalu tidak ada yang kembali sedikit pun.”
ولَفْظُهُ فِي إِحْدَى رِوَايَاتِهِ فَقَالَ: مَا عَمَلٌ أَزْكَى عِنْدَ اللهِ وَلاَ أَعْظَمُ أَجْرًا مِنْ خَيْرٍ يَعْمَلُهُ فِي عَشْرِ الأَضْحَى
Lafal Ibnu ‘Abbas dalam salah satu riwayatnya, maka ia bersabda, “Tidak ada amal yang lebih suci dan lebih agung pahalanya di sisi Allah, selain kebaikan yang ia kerjakan pada sepuluh awal Dzulhijjah.”
 Shahih, diriwayatkan Al-Bukhari (969) dan Al-Baihaqi dalam Asy-Syu’ab (3752).


Ibnu Rajab Al Hambali berkata: “Hadits ini mengatakan bahwa amalan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah lebih dicintai oleh Yang Mahakuasa daripada hari-hari lainnya dan di sini tidak ada pengecualian. Jika dikatakan bahawa amalan di hari-hari tersebut lebih dicintai oleh Allah, itu mengatakan bahawa bersedekah di waktu itu ialah sangat utama di sisi-Nya.
Karena besarnya keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah ini, Yang Mahakuasa hingga bersumpah dengannya dalam firman-Nya:
{وَلَيَالٍ عَشْرٍ}
“Dan demi malam yang sepuluh” (QS al-Fajr:2).
Yaitu: sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah, berdasarkan pendapat yang dikuatkan oleh Ibnu Katsir dan Ibnu Rajab”    Lihat “Tafsir Ibnu Katsir” (4/651) dan “Latha-iful ma’aarif” (hal. 20).

Syaikh Utsaimin berkata : "10 hari pertama dzulhijjah lebih afdhol daripada 10 malam terakhir bulan romadhan. Hendaknya para penuntut ilmu mengingatkan masyarakat akan keutamaan ini, alasannya ialah kebanyakan kaum muslimin lalai akan hal ini".

saudaraku... bila kita semangat beribadah tatkala 10 terakhir di bulan ramadan maka hendaknya kita juga bersemangat dengan aneka macam ibadah pada 10 hari dzul hijjah, baik puasa, sholat malam, sedekah, baca qur'an, berbakti kepada orang tua, dzikir dll.

terutama amalan qurban... alasannya ialah ia merupakan bentuk ibadah mengalirkan darah alasannya ialah Yang Mahakuasa Ta'ala..
dan ia merupakan aplikasi tauhid yg mana kita berbeda dengan kaum musyrikin yg mengalirkan darah untuk berhala berhala mereka.

Semoga bermanfaat


Sumber http://abu-riyadl.blogspot.com