6 Hal yang Dilakukan Rasulullah menjelang Tidur

Tidur sudah menjadi kebiasaan kita semua karena bagaimanapun makhluk itu membutuhkan istirahat. Sebagai orang yang mencintai sunnah sebaiknya kita pelajari bagaimana cara rasulullah menjelang tidur. Semoga dengan mempelajari sunnah-sunnah menjelang tidur, tidur yang kita lakukan dapat bernilai ibadah sehingga memberikan pundi-pundi pahala yang akan dipetik ketika diakhirat kelak. Berikut adalah beberapa hal yag dilakukan maupun yang disarankan rasulullah menjelang tidur:

1.Berwudhu sebelum tidur
Hal ini berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,:
"Dari al Barra bin Azib, bahwa Rasululah bersabda,”Jika engkau hendak menuju pembaringanmu, maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlahlah di rusukmu sebelah kanan lalu ucapkanlah doa:” Ya Allah sesungguhnya aku menyerahkan jiwaku hanya kepadaMu, kuhadapkan wajahku kepadaMu, kuserahkan segala urusanku hanya kepadamu, kusandarkan punggungku kepadaMu semata, dengan harap dan cemas kepadaMu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada nabi yang Engkau utus” dan hendaklah engkau jadikan doa tadi sebagai penutup dari pembicaranmu malam itu. Maka jika enkau meninggal pada malam itu niscaya engkau meninggal di atas fitrah” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Berwudhu sebelum tidur selain menjalankan perintah rasulullah juga memberikan efek yang positif bagi tubuh yaitu menyegarkan kulit dan membuat tidur lebih nyenyak karena tubuh terasa segar.



2.Melakukan sholat witir
Apabila khawatir tidak bisa bangun untuk sholat malam maka hendaklah melakukan sholat witir. Ini berdasarkan dari Abu Hurairah tentang wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepadanya. Abu Hurairah berkata, “Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, (3) mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1981).

3.Membaca surat al ikhlas, surat Al Falaq dan surat An Naas
Setelah berwudhu, yang dilakukan ketika menjelang tidur adalah membaca surat al ikhlas, surat Al Falaq dan surat An Naas, dengan cara Meniupkan kedua telapak tangan sambil membaca surat Al Ikhlash (qul huwallahu ahad), surat Al Falaq (qul a’udzu bi robbil falaq), dan surat An Naas (qul a’udzu bi robbinnaas), masing-masing sekali. Setelah itu mengusap kedua tangan tersebut ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali.

4.Membaca ayat kursi (surat al baqarah ayat 255)
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam“. Lalu Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata, “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan“. (HR. Bukhari no. 3275)

5.Membaca tasbih, tahmid dan takbir
Membaca subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x dan allahu akbar 33x, ini berdasarkan hadist bahwa rasulullah bersabda: “Mahukah kamu berdua aku tunjukkan kepada kamu sesuatu yang terlebih baik bagi kamu dari pada seorang pembantu / khadam yaitu apabila kamu pergi ke tempat tidur dan hendak tidur  maka bertakbirlah tiga puluh tiga kali, bertasbihlah tiga puluh tiga kali dan bertahmidlah tiga puluh tiga kali. Itu adalah lebih baik bagi kamu berdua dari seorang pembantu / khadam.( HR. Bukhari no. 3705)

6.Membaca do’a 
Do’a yang satu ini banyak yang sudah hafal bahkan anak kecilpun sudah banyak yang hafal yaitu ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya’. Do’a ini berdasarkan hadist dari Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324)

Demikian 6 hal yang dilakukan rasulullah menjelang tidur, semoga kita semua bisa menerapkan hal tersebut diatas.