4 Hal yang Dicintai Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan sosok yang harus kita jadikan suri tauladan, maka dari itu kita harus mencari informasi mengenai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari segala aspek kehidupannya. Dari hal-hal yang beliau benci sampai dari hal-hal yang beliau cintai. Berikut adalah beberapa hal yang dincitai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

1.Berenang, berkuda dan memanah
Dalam sebuah hadits bahwa dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,"Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).
Subhanallah, berenang, berkuda dan memanah (menembak) merupakan bukan perbuatan yang sia-sia berdasarkan hadits tersebut. Selain itu, berenang, berkuda dan memanah dapat melatih kesabaran, konsentrasi dan dapat menjaga kesehatan tubuh.



2.Memakai wangian
Parfum atau wewangian sangat disukai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, berdasarkan hadits yang bunyinya:
“Sesungguhnya sebaik-baik parfum laki-laki adalah yang tampak baunya dan tersembunyi warnanya. Dan sebaik-baik parfum wanita adalah yang tampak warnanya dan tersembunyi baunya.” (Hasan lighoirih. Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Abu Dawud) (Hasan lighoirih. 
Berdasarkan hadist diatas bahwa wanita dilarang memakai parfum yang harumnya menyengat, sedangkan lelaki disunnahkan memakai wewangian yang menyerbak wanginya.

3.Sholat sunnah
Diriwayatkan dalam hadits Abu Daud dan Ahmad, artinya: ‘Wahai Bilal, Istirahatkan kami dengan solat.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengistirahatkan diri dengan sholat, ini sebagai tanda bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencintai sholat sunnah dan memperbanyak sholat. Ketika seseorang sedang berlibur atau istirahat pasti yang dilakukan adalah sesuatu yang disukai untuk menghilangkan capek dan penat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan sholat juga untuk mengistirahatkan badannya dari segala kepenatan.

4.Puasa senin kamis
Berdasarkan dalil dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan bahwa “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).
Berdasarkan hadits diatas bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencintai puasa senin dan kamis.

Itulah 4 hal yang dicintai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shallallahu ‘alaihi wa sallam, semoga kita bisa melakukan dan mencintai 4 hal tersebut