6 Amalan Mulia DiHari Jum'at

Hari jum’at merupakan hari raya umat islam yang terjadi setiap pekan sekali, banyak keutamaan yang didapatkan setiap muslim dihari jum’at karena hari jum’at memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan hari jum’at adalah sebagai penghapus dosa bagi setiap muslim yang bertakwa, ini berdasarkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: "Shalat wajib lima waktu dan shalat Jum’at ke shalat Jum’at berikutnya adalah penghapus dosa-dosa di antara kedua waktu tersebut, selama tidak dilakukan dosa-dosa besar." (HR. Muslim no. 233). Subhanallah, sungguh mulianya hari jum’at dan supaya tidak kehilangan moment pada hari jum’at berikut adalah sunnah-sunnah ataupun amalan mulia yang dianjurkan pada hari jum’at:

1.Memperbanyak sholawat
Pada hari jum’at disunnahkan untuk meperbanyak sholawat ini berdasarkan hadits bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro)



2.Membaca surat al kahfi
Surat yang ke 18 dalam al quran yaitu surat al kahfi memiliki keutamaan dihari jum’at yaitu berdasarkan hadits bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menshahihkannya). Subhanallah, membaca surat al kahfi yang tidak membutuhkan waktu yang lama tetapi memiliki keutamaan yang besar.

3.Mandi sebelum sholat jum’at dan memakai wewangian
Mandi sebelum sholat jum’at diwajibkan atas setiap muslim yang baligh ini berdasarkan hadits dari Abu Sa’id Al Khudri, di mana Rasulullah bersabda : “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR. Bukhori dan Muslim). Tetapi tidak diwajibkan untuk anak-anak, wanita, orang sakit dan musafir. Untuk memakai wewangian ini berdasarkan hadits bahwa  Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4.Bersegera kemasjid
Beberapa orang biasanya sengaja untuk datang terlambat ketika menghadiri sholat jum’at, padahal dalam sholat jum’at terdapat ceramah yang dapat menambah keimanan. Kalau mendengarkan ceramah seminggu sekali saja tidak mau bagaimana iman dapat tumbuh subur?? Berdasarkan hadits dari Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah sholat Jumat.” (HR. Bukhari). Berdasarkan hadist tersebut para sahabat bersegera untuk berangkat kemasjid.

5.Melakukan sholat 2 rekaat
Ketika memasuki masjid sebelum sholat jum’at disunnahkan untuk melakukan sholat 2 rekaat, ini berdasarkan hadits dariAbu Huroiroh radhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

6.Sholat sunnah setelah sholat jum’at
Beberapa orang apabila sholat jum’at selesai maka tidak melaksanakan sholat sunnah padahal berdasarkan hadits bahwa Rasulullah bersabda : “Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

Demikian 6 amalan mulia dihari jum’at semoga kita semua dimudahkan dalam menjalankan perintah Allah dan sunnah rasulullah.