5 Peneyebab Mandi Wajib atau Junub

Setiap hari kita melakukan mandi untuk membersihkan badan. Selain membersihkan badan mandi juga membuat badan terasa segar. Nah, yang menjadi masalah Apakah sama mandi junub dengan mandi biasa?Mandi junub dilakukan supaya badan suci kembali dan membuat ibadah yang kita lakunkan menjadi sah. Seperti dengan wudhu yang dilakukan sebelum sholat, mandi junub dilakukan kerena ada penyebabnya, berikut adalah penyebab yang utama yang membuat seseorang mandi junub:

1.Keluarnya Mani
Keluarnya mani karena mimpi basah atau kerena adanya rangsangan membuat seseorang harus melakukan mandi wajib. Ini berdasarkan bahwa  dari Abu Sa’id Al-Khudry Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : mandi junub  itu karena keluarnya air mani. (Riwayat Muslim 1/269 no 343).



2.Melakukan hubungan intim
Berdasarkan hadits Abu Huroiroh Radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : 
Jika dia telah duduk diantara cabang yang empat (istrinya) kemudian dia berpayah (dengan istrinya itu) maka sungguh telah wajib atasnya mandi (Riwayat Bukhori di al-fath 1/395 no 291)
Dari hadits tersebut maka apabila telah selesai melakukan hubungan intim maka diwajibkan atasnya mandi wajib.

3.Masuk Islam
Sesuai dengan hadits Qois bin ‘Asim Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : 
”Aku mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, aku menghendaki (masuk) Islam, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam memerintah aku untuk mandi dengan air dan daun bidara”.(Riwayat Abu Dawud no 355)
Baik yang masuk islam itu pertama kali maupun orang yang murtad terus kembali lagi keislam maka dianjurkan untuk mandi wajib.

4.Berhentinya haidh
Berhentinya haidh merupakan syarat sahnya mandi. Kalau dia mandi sebelum berhentinya haid maka mandinya tidak sah, karena termasuk syarat sahnya mandi adalah thoharoh (suci), sesuai firman Allah Azza wa Jalla:
"Dan mereka bertanya kepadamu tentang haidh, maka katakanlah : “Haidh itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kalian menjauhkan diri dari wanita haidh, dan janganlah kalian mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka gaulilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepada kalian. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orangorang yang menyucikan diri. (Al Baqororh :222).
 Maka diwajibkan atas perempuan yang telah berhenti haidh untuk mandi wajib sehingga dapat menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslimah yaitu sholat 5 waktu.

5.Berhentinya Nifas
Berhentinya darah nifas merupakan syarat sahnya mandi. Nifas itu keluar ketika melahirkan atau setelah melahirkan, atau sehari atau dua hari atau tiga hari sebelum kelahiran. Dan darah nifas hukumnya sama dengan hukum darah haidh.

Demikian 5 penyebab yang mewajibkan kita mandi wajib, semoga kita semua dapat memahaminya sehingga dengan mandi wajib ibadah yang kita lakukan dapat diterima Allah.