3 Adab Pergaulan Islami yang Harus Dipatuhi Pria dan Wanita

CINTA SUNNAH-Islam merupakan agama yang sempurna sehingga segala aspek kehidupan diatur supaya pengikutnya bahagia dunia dan akhirat. Semua telah ditetapkan dalam Al Qur’an dan Hadits, baik dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kalau hanya masalah buang air kecil saja ada aturannya apalagi masalah pergaulan yang dilakukan oleh muda-mudi. Dalam islam pergaulan muda-mudi sangat lah diperhatikan karena masa muda adalah masa bergeloknya syahwat sehingga perlu adanya aturan-aturan yang harus ditaati oleh muda-mudi supaya tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas. Dalam firman- Nya : “Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (Q.S. Al-Israa’(17) :32). Mendekati saja tidak boleh apa lagi melakukan zina, maka dari itu sangat lah penting bagi muda-mudi memperhatikan adab pergaulan dengan lawan jenis supaya tidak terjerumus dalam perzinaan. Berikut adalah adab pergaulan pria dan wanita dalam islam:

1.Menjaga pandangan
Bermula dari pandangan akan muncul perasaan, maka sangatlah penting untuk menjaga pandangan. Bahkan hanya sebuah pandangan saja dapat menyebabkab rangsangan seksual. Dalam surat An-nur (24) ayat ke 30, Allah berfirman : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.  Dengan demikian menjaga pandangan terhadap lawan jenis sangatlah penting selain itu apabila kita dapat mengamalkannya akan mendapat pahala dan kemuliaan disisi Allah ta’ala.


3 Adab Pergaulan Islami yang Harus Dipatuhi Pria dab Wanita

2.Menutup aurat
Sebagai manusia yang memiliki hati nurani akan malu apabila aurat (perhiasan) tubuhnya dilihat oleh orang, maka dari itu berpakaian yang baik dan sopan serta sesuai dengan syariat sangat diwajibkan. Baik pria maupun wanita harus menutup auratnya, dengan menutup aurat maka akan mengurangi laki-laki jahil yang suka menggoda wanita yang tidak menutup auratnya. Dengan begitu perkosaan dan perzinaan dapat dicegah.

3.Hindari berduaan dengan lawan jenis
Berduaan atau yang disebut dengan khalwat dilarang dalam islam, ini berdasarkan hadits bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam telah melarang untuk berduaan : “Janganlah seorang laki-laki itu berkhalwat (menyendiri) dengan seorang wanita kecuali ada mahram yang menyertai wanita tersebut.” (HR. Bukhari & Muslim). Dengan menghindari berduaan dengan lawan jenis maka seseorang dapat terhindar dan tidak terjerumus kedalam dosa karena bisikan setan untuk menggoda manusia agar terjerumus kedalam dosa dan kemaksiatan.

Demikian adab pergaulan islami yang harus dipatuhi oleh muda-mudi sehingga pergaulan pria dan wanita dapat terjalin dengan baik dan tidak menimbulkan murkanya Allah ta’ala.