Level Derajat Insan Teragantung Iman Nya

Level proses terbentuknya keyakinan

1. Hati
2. Akal
3. Fikiran
4. Ilmu (pengetahuan)
5. Yakin (keyakinan)


LEVEL KE 1 HATI

القلب هو اللطيفة العالمة المدركة من الإنسان احياء علوم الدين ج ٣ ص ٤

Imam ghozali mendefinisi kan hati yakni susuatu yang abstak pada diri insan dan sanggup mengetahui serta memahami

ket : ihya' ulumuddin juz 3 hal 4

القلب هو محل العقل عندنا وقال ابو حنيفة في الدماغ وحكي الأول عن الفلاسفة والثاني عن الأطباء

فتح المبدى ج ٢ ص ٨٢

Imam as syarqowi ber pendapat dalam kitab fathul mubdi bahwa

1. hati itu yakni tempatnya nalar berdasarkan madzhab kami (syafi'iyah)

2. sedangkan berdasarkan bubuk hanifaf daerah nalar itu ada di otak

pendapat pertama sejalan dengan pandangan para hebat filsafat

sedangkan yang kedua selaras dengan teori ilmu kedokteran

ket : kitab fathul mubdi juz 2 hal 82

LEVEL KE 2 AKAL

العقل نور روحاني به تدرك النفس العلوم الضرورية والنظرية

Syaikh abi al'irfan bin 'ali ash shobba al mantiqii beropini bahwa nalar ialah cahaya rohani dengan nya jiwa menemukan ilmu daloruri dan nadhori

روحاني نسبة الى الروح من نسبة مشابه الشيء اليه ووجه المشابهة من العقل والروح امر خفي

Sisi pengkategorian nalar pada roh yakni keduanya (akal dan roh) termasuk susuatu yang sama2 abstak

الألف والنون زائدتان في النسب للتأكد

alif dan nun pada lafadz ruhaniiyyu di sana berfaidha litta'kiid (mengokohkan)

وقوله به تدرك النفس الباء للآلة وتقدير الجار والمجرور ليس للحصر بل للإهتمام لشرف العقل على بقية آلات الإدراك من الحواس الظاهرة والباطة

Lafadz bihi di atas di berlakukan bermakna alat dan mendahulukan susunan jar majrur bukan karna untuk meringkas namun karna bertujuan MEMENTINGKAN

karna nalar paling mulya dari segala piranti idrak (penemuan pemahaman) dari indra dlhohir dan batin

وفي كلامه جرى على التحقيق من ان المدرك حقيقة النفس والعقل آلة

حاشية شرح السلم للملوي ص ٢٠

dari kalam nya syaikh abil 'irfan menyatakan gotong royong yang menemukan (ilmu/pengetahuan) itu yakni jiwa (nafsu) dan nalar sebagai alatnya (piranti)

ket : kitab syarh al malawi (al-mantiqi) hal 20

LEVEL KE 3 FIKIR AN

وفي حاشية الناصر اللقاني على المحلى نقلا على السيد يطلق الفكر على معان ثلا ثة

FIKIR (fikiran) dalam hasyiahnya al liqooni menukil dari sayyid bahwa pengertian (FIKIR) fikiran itu terbagi menjadi 3 pengertian

الاول حوكة النفس في المعقولات اي حركة كانت وهذا هو فكر الذي يعد من خوص الإنسان ويقابله التخيل وهو حركتها في المحسوسات
والثاني حركتها من المطلب الذي تتردد في ثبوته كحدوث العالم الى مباديه كتإير العالم وحركتها من مباديه اليه جازمة به اعني مجموع الحركتين وهذا هو المختار فيه وفي جزأيه جمعا في المنطق

والثالث وهو الحركة الأولى من هاتين الحركتين وحدها من غير ان توجد الثانية معهاوان كانت هي المقصودة منها وهذا هو الفكر الذي يقابل به الحدس الذي هو عكسه لأنه الإنتقال من المبادي الى المطالب

شرح الملوي ص ١٩

1. Fikir (fikiran) ialah gerakan jiwa yang ada di dalam akal

LEVEL KE 4 ILMU

العلم صفة ينكشف بها المطلوب انكشافا تاما

كتاب السلم لعبد الحميد حاكيم

Menurut syaikh 'abdul hamid hakim (fi 'ilmil ushul)

Ilmu yakni suatu shifat denganya sesuatu terungkap dengan keterungpakan sempurna

ket : assullam (fi 'ilmil ushul) hal 6

LEVEL KE 5 YAKIN

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
اليقين لا يزل بالشك

keyakinan tidak sanggup dihilangkan dengan keraguan

untuk memperoleh kepercayaan yaiti melalui 4 proses sebelumnya

yaitu

Hati
Akal
Fikiran
Ilmu

Setelah Itu Yakin

Lah Dengan Sebab Yakin Inilah Timbul Adanya Islam Dan Iman

Dari Iman Inilah Kita Di Tuntut Bertakwa Pada Allah

Dan Dari Takwa Itu Lah Tuhan Meletak Kan Derajat Manusia

Subhanallah Semoga Kita Menjadi Orang-Orang Yang Punya Keyakinan Yang Lurus Sesuai Apa Yang Tuhan Kehendaki

Dan Menjadi Sebab Ridlonya Tuhan Pada Kita

Aamiin

Sumber : Facebook Pesantren Indonesia (FPI)