Ibadah Kepada Allah

Merenungi perihal semangat kita dalam ibadah kepada Allah. Semoga dg mengetahui keadaan kita menjadi hijrah, menjadi semangat ibadah...aamiin:

  1.   "Al iraadah" semangatnya hanya hingga di niat saja. Misalnya, seseorang ingin sholat tahajjud, tetapi ketika malam datang tidak tahajjud walau bangkit kemudian tidur lagi. Mau bertaubat tetapi ma'siyat terus.

  2.   "Al himmah" semangatnya ada waktunya, musiman, berubah alasannya godaan, ujian tragedi alam dsb. Misalnya, semangat tahajjud ketika susah, tetapi ketika berlimpah rizki tidak tahajjud lagi. Tadinya rajin dhuha, tadinya berjilbab, tadinya rajin baca Alqur'an, tetapi kemudian tidak lagi. Janji taubat tetapi sebulan kemudian ma'siyat lagi.

  3.   "Al aziimah" atau "azam" semangatnya luar biasa alasannya dorongan doktrin dan ilmunya. Berazam, bertekad taat hingga selesai hayatnya apapun yg terjadi. Senang susah, sehat sakit, dipuji dihina, duka gembira, ia tetap konsisten istiqomah hingga Tuhan mewafatkannya. Inilah hamba yg sangat dicintai Allah, RasulNya dan dikagumi para Malaikat, hamba Tuhan yangg dibahagiakan Tuhan dunia akhirat. ”Sesungguhnya orang-orang yang menyampaikan Tuhan kami yaitu Tuhan kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (istiqomah) maka malaikat akan turun kepada mereka (untuk mengatakan), "Janganlah kau merasa takut dan janganlah kau merasa duka dan bergembiralah kau dengan memperoleh nirwana yang telah dijanjikan Tuhan kepadamu“. Kami (Allah) yaitu pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia maupun akhirat, di dalamnya kau memperoleh apa yang kau inginkan dan memperoleh pula apa yang kau minta. Sebagai sajian bagimu dan Tuhan yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS Fushilat 30-32). Rasulullah bersabda, ”Amalan yang paling dicintai oleh Tuhan Ta’ala yaitu amalan yang kontinyu terus menerus walaupun itu sedikit" (HR Muslim).

Allahumma ya Tuhan fahamkanlah kami dg agamaMu, ajarkanlah kami hikmah Alqu'an dan sunnah NabiMu, dan tetapkanlah hidup kami dalam ketaqwaan dan istiqomah di JalanMu...aamiin