Bacaan Lafadz Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap Arab Latin Artinya

Bacaan Lafadz Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap Arab Latin Artinya - Assalamu'alaikum. Marhaban Ya Ramadhan, dengan memasuki bulan suci ramadhan ini marilah kita sambut dengan hati penuh bangga dan penuh syukur masih sanggup diberikan kesempatan untuk di pertemukan kembali dengan syahri ramadhan (bulan ramadhan) yakni bulan yang penuh kebaikan dan penuh dengan keberkahan, sebagai seorang muslim dan mukmin bulan ramadhan tersebut selalu menjadi salah satu bulan yang di tunggu-tunggu dan di nanti-nanti kedatangannya lantaran banyak keistimewaan di dalamnya.

Bulan ramadhan selalu kita sapa juga dengan sebutan bulan mulia lantaran pada satu bulan ramadhan tersebut kita di wajibkan untuk menunaikan ibadah puasa yang hukumnya wajib terdapat ataupun termasuk kepada lima rukun islam yang harus kita kerjakan, puasa terdapat pada rukun islam nomor ke empat, maka bagi siapa saja sebagai seorang muslim yang baligh dan terpelajar diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa dalam sebulan ramadhan.

Lalu sudahkah kita mengetahui untuk aneka macam amalan dan bacaan-bacaan yang hendak di ketahui untuk diamalkan ketika berpuasa? biasanya kita mengetahui akan hal-hal itu telah diajarkan di pengajian-pengajian atau di diniyah semenjak masa sekolah dulu dan pastinya sudah pada hafal dengan doa niat puasa ramadhan, doa buka puasa ramadhan, doa buka puasa ramadhan yang shahih, niat sholat tarawih dan lain-lain yang mesti kita kerjakan ketika berpuasa.

Bacaan Lafadz Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap Arab Latin Artinya Bacaan Lafadz Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap Arab Latin Artinya

Dalam bacaan niat puasa ramadhan itu merupakan perlu atau wajib kita kerjakan alasannya ialah bila puasa tidak didahului niat maka puasanyapun tidak syah, maka selalu ingatlah dengan niat ketika malam hari menjelang besoknya puasa, berbeda dengan membaca doa buka puasa ramadhan, doa buka tersebut merupakan sunat hukumnya untuk dibacakan, tapi sunat yang sangat dianjurkan, selagi sempat maka dahulukan untuk membaca doa ketika berbuka ketika puasa ramadhan, dan ini bacaan doanya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya :
"Ya Tuhan keranaMu saya berpuasa, dengan Mu saya beriman, kepadaMu saya berserah dan dengan rezekiMu saya berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Tuhan Tuhan Maha Pengasih."

Telah kita fahami bacaan doa tersebut dibacakan ketika telah tiba adzan maghrib ketika tiba aktu berbuka puasa akan menyantap sajian takjil dan makanan sajian buka puasa, sebaiknya dahului dulu dengan makan pembuka/takjil kemudian melakukan sholat maghrib kemudian makan nasi dan lain sebagainya. Mengapa kita di haruskan untuk membaca doa khusus buka puasa ramadhan? Rasulullah SAW ia membaca doa ketika hendak berbuka puasa, dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, berkata :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Artinya :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila ia berbuka, ia membaca: “Dzahaba-dz Dzama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).

Maka dari itu hendaklah kita berdoa dengan bacaan doa buka puasa ramadhan yang kami tuliskan diatas tadi, pada umumnya kita mengamalkan doa buka puasa dengan doa itu, biar apa yang sanggup kami sampaikan diatas dan yang ada pada artikel ini ada manfaatnya, mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penulisan dan bila ada kekurangan dalam pembahasan, sekian dan terimakasih Wassalamu'alaikum Wr,Wb.