Sifat istri sholehah Agar Para Lelaki Tak Salah Pilih

Sangat penting bagi seorang laki-laki untuk mengerti kualitas dan sifat-sifat seorang wanita sebelum dia dipertimbangkan sebagai seorang istri. Dalam Musnad Imam Ahmad, dari Sa ad bin Abi Waqqas Radliallahu Anhu, bahwa Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Tiga sebab kebahagiaan anak Adam dan tiga hal penyebab penderitaan. Penyebab kebahagiaan anak Adam adalah : Istri yang baik, Rumah yang bagus dan Kendaraan yang bagus. Hal yang menyebabkan menderita : Istri yang jelek, rumah yang buruk dan kendaraan yang buruk."

Sangat penting dan perlu atas seorang laki-laki untuk melihat seorang wanita yang bisa menjadi istri yang baik dan ibu yang baik bagi anak-anaknya (di masa depan). Dalam hadits lain diriwayatkan bahwa Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Dunia (hidup di dunia ini) adalah kesenangan dan sebaik-baik kesenangan di dunia ini adalah istri yang baik (sholehah)." (Shahih Muslim, Kitab 14, Bab 17, Hadits No. 1467)



Mengenai istri sholehah Syekh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah berkata : “Tugas seorang istri adalah menunaikan ketaatan kepada Tuhannya, taat kepada suaminya. “ Karena itulah Allah berfirman : Wanita shalihah adalah yang taat, yakni taat kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada. Yakni taat kepada suami mereka bahkan ketika suaminya tidak ada (sedang bepergian), dia menjaga suaminya dengan menjaga dirinya dan harta suaminya.” 

Berikut adalah sifat istri yang shalihah :
1. MUSLIMAT  adalah wanita yang shalihah yang ikhlas kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala, menerima suami apa adanya, tunduk dan taat kepada perintah dan larangan Allah dan RasulNya.

2. MU’MINAT adalah wanita yang membenarkan adanya perintah dan larangan Allah dan RasulNya.

3. QANITAT adalah wanita yang taat.

4. TA’IBAT adalah wanita yang senantiasa bertaubat bagi dosa-dosa mereka, dan selalu kembali kepada perkara-perkara yang dibenarkan Allah dan Rasul-Nya ketika mengalami kekeliruan.

5. ‘ABIDAT adalah wanita yang gemar melaksanakan ibadah kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala dan hanya mentauhidkan kepada Allah semata Laa Ilaaha Illallah.

6. SAIHAT adalah wanita yang menjalankan shaum/puasa.

Semoga setiap lelaki mendapatkan wanita muslimah yang shalihah yang dijadikan pendamping hidupnya. Yang mengerti tentang agama, yang dapat menjadi teman hidup baik suka maupun lara, yang dapat mendoakan suaminya agar selalu mendapat perlindungan Allah ketika beraktifitas di luar rumah, yang dapat membantu suami menanamkan tauhid Laa Ilaaha Illallah dalam rumah tangga, yang dapat mendidik anak-anak berakhlak mulia berbudi pekerti yang luhur. Namun sebaliknya jika pendamping hidupnya itu adalah wanita yang tidak terdidik dalam agama, maka ketika rumah tangga dijalani biasanya dipenuhi percekcokan dan pertengkaran, dari mulai keinginannya yang tidak mau mendukung suami ketika susah sampai tidak dapat menjaga kehormatan ketika suami tidak sedang berada di rumah.

Sumber : 
ISTRI SHALIHAH – SIFAT DAN KEUTAMAANNYA
Oleh :Ust. H. Sunan Sudrajat