5 Keutamaan Taubat Bagi Pelaku Maksiat

Taubat merupakan langkah awal untuk memperbaiki diri, orang yang bertaubat adalah orang yang sadar bahwa dirinya memiliki banyak dosa. Kita sebagai manusia tidak akan pernah luput dari yang namanya dosa dan salah. Bahkan rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam sendiri setiap hari memohon ampun kepada Allah sebanyak 70 kali, bahkan dihadits lainnya 100 kali padahal rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam adalah orang yang maksum (suci). Sedangkan kita yang belum dijamin suci dari Allah seharusnya juga mengikuti beliau dalam memohon ampun yaitu 70 atau 100 atau sebanyak-banyaknya. Berikut adalah keutamaan maupun manfaat yang didapat apabila kita bertaubat dan banyak memohon ampun kepada Allah:

1.Memperlancar Rezeki
Dengan taubat dan memohon ampun kepada Allah akan memperlancar rezeki seseorang. Dalam firman-Nya yang artinya:
Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.[Hud (11): 3]
Dalam ayat tersebut terdapat janji Allah berupa kenikmatan yang baik, bahwa menurut ibnu Abbas kenikmatan yang baik itu berupa rezeki dan kelapangan.



2.Penyebab masuk surga
Berdasarkanhadits yang diriwayatkan oleh Bukhari bahwa rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda : Barangsiapa mengucapkan sayyidul istighfar pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu sore, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni surga.”

3.Diampuninya dosa
Siapa yang tidak bahagia jika allah mengampuni dosa seseorang, pasti sangat bahagia. Allah maha pengampun dan sangat mudah untuk mengampuni dosa hambanya, tetapi bukan berarti kita sseenaknya saja, karena selain itu siksa Allah sangat pedih. Dalam firman-Nya :
“Dan juga orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” [Ali imran (3) : 135]

4.Mencegah hukuman dan adzab
Alangkah bahagiannya jika kita terhindar dari keburukan, yang mana keburukan tersebut dapat menyempitkan dada maupun keburukan tersebut menimpa kehidupan kita, dan karena banyaknya dosa juga menyebabkan tidak terkabulnya do'a. Salah satu manfaat dari memohon ampun dari Allah dapat mencegah turunnya hukuman maupun adzab. Dalam firman-Nya:
“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu (muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun." [Al-Anfal (8) : 33]

5.Mensucikan hati
Apabila seseorang berbuat dosa maka hatinya tidak merasa nyaman. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda:
 “Siapa yang melakukan satu dosa, maka akan tumbuh pada hatinya setitik hitam, sekiranya dia bertaubat akan terkikislah titik hitam itu daripada hatinya. Jika dia tidak bertaubat, maka titik hitam itu akan terus merebak hingga seluruh hatinya menjadi hitam.” (Hadis riwayat Ibn Majah).

Demikian 5 keutamaan apabila seseorang bertaubat, semoga dengan mengetahui keutamaan tersebut kita menjadi hamba yang selalu bertaubat dan menjadi pribadi yang lebih baik.