Doa Untuk Kedua Orangtua

Di antara perilaku berbakti kepada kedua orang bau tanah ialah mendoakan mereka, baik dikala mereka masih hidup di atas dunia ini maupun dikala mereka telah meninggal dunia.

Berikut ialah di antara doa untuk kedua orang bau tanah yang dikutip dari beberapa ayat Al-Qur`an.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْراً

“Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik saya pada waktu kecil.”

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْراً

“Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik saya pada waktu kecil.”

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ


“Ya Tuhanku, anugerahkanlah saya pandangan gres untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku dan semoga saya mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah saya dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.” 

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ


“Ya Tuhanku, berilah saya petunjuk semoga saya sanggup mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan semoga saya sanggup berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah saya kebaikan yang akan mengalir hingga kepada anak cucuku. Sungguh, saya bertobat kepada Engkau, dan sungguh, saya termasuk orang muslim.


Semoga kita menjadi anak Sholeh dan Sholehah yang selalu mendoakan kedua orangtuanya. Amin..