Doa Dan Dzikir Di Hari Hari Ramadhan


Doa dan dzikir di hari hari ramadhan
silahkan dihafal.....



1. Istighfar dan Doa di Waktu menjalang jam Sahur (bukan doa makan sahur) :
Allah Subhanahu wa Ta’ala berkata :

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran:17).
Apabila Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam mendapati waktu sahur dia membaca doa:

سَمِعَ سَامِعٌ بِحَمْدِ اللَّهِ وَحُسْنِ بَلَائِهِ عَلَيْنَا رَبَّنَا صَاحِبْنَا وَأَفْضِلْ عَلَيْنَا عَائِذًا بِاللَّهِ مِنْ النَّارِ

“Semoga ada yang memperdengarkan kebanggaan kami kepada Tuhan atas nikmat dan cobaan-Nya yang baik bagi kami. Wahai Rabb kami, dampingilah kami (peliharalah kami) dan berilah karunia kepada kami dengan berlindung kepada Tuhan dari api Naar.” (HR: Muslim 2718 dari hadits Abu Hurairah).


2.  Doa Berbuka Puasa

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah berair serta pahala akan tetap, insya Allah.” (HR: Abu Dawud, dan Al-Hakim dan dia menshahihkannya, serta disetujui oleh Adz-Dzahabi dan Ibnu Umar. Lihat Shahih Al-Jami’).


3.  Doa Tamu Kepada Orang Yang Menghidangkan Makanan / Minuman


اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ

“Ya Allah! Berilah berkah apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah dan belas kasihanilah mereka.” (HR: Muslim).



4.  Doa Apabila Berbuka Di Rumah Orang atau diberi makan buka orang

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ
“Semoga orang-orang yang berpuasa berbuka di sisimu dan orang-orang yang baik makan makananmu, serta malaikat mendoakannya, supaya kau menerima rahmat.” (HR: Sunan Abu Dawud 3/367, Ibnu Majah 1/556 dan An-Nasa’i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 296-298. Dishahihkan oleh Al-Albani).


5.  Ucapan Orang Yang Berpuasa Bila Dicaci Maki

إِنِّيْ صَائِمٌ، إِنِّيْ صَائِمٌ

“Sesungguhnya saya sedang berpuasa. Sesungguhnya saya sedang berpuasa.” (HR. Al-Bukhari dengan Fathul Bari 4/103, Muslim 2/806).

6. Doa Qunut Witir  disholat tarawih

اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، [وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ]، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

(HR. Ashabus Sunan, Ahmad, Ad- Darimi, Al-Hakim dan Al-Baihaqi. Lihat Shahih At-Tirmidzi 1/144, Shahih Ibnu Majah 1/194 dan Irwa’ul Ghalil).


7.  Bacaan Setelah Salam Sesudah Shalat Witir

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ (3× يجهر بها ويمد بها صوته يقول): رَبِّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ

“Subhaanal malikilqudus ( tiga kali), sedang yang ketiga, dia membacanya dengan bunyi keras dan panjang diakhiri (rabbul malaaikati warruh))”.
(HR. An-Nasai 3/244, Sanadnya shahih, lihat Zadul Ma’ad yang ditahqiq oleh Syu’aib Al-Arnauth dan Abdul Qadir Al-Arnauth 1/337).


8. Doa Yang Dibaca Pada Malam Lailatul Qadar

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
“Ya Allah, bahwasanya Engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku.” (HR: At-Tirmidzi 3760, Ibnu Majah 3850, Shahih Jami’ At-Tirmidzi).

Sumber http://abu-riyadl.blogspot.com