Akibat Jelek Kencing Sambil Berdiri


Hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu ”anha, di mana ia berkata:

“Siapa yang bilang bahwa Rasulullah SAW kencing sambil berdiri, jangan dibenarkan. Beliau tidak pernah kencing sambil berdiri.” 

Dari Aisyah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW tidak pernah kencing sambil bangun sejak diturunkan kepadanya Al-Quran. 

Kencing atau bahasa halusnya buang air seni ini sudah bukan suatu hal yang abnormal lagi bagi umat manusia. Setiap insan melaksanakan acara ini untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme badan (mengeluarkan kotoran tubuh). Dalam melaksanakan acara inipun kita dituntut melakukannya dengan benar dan sesuai aturan. 

Berikut ini beberapa ancaman kencing berdiri: 
    Hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu  Akibat Buruk Kencing Sambil Berdiri
  1. Saat kita jongkok tepat menyerupai dikala buang air besar, kandung kemih kita akan tertekan dan semua air seni kita akan keluar dari badan tanpa bersisa, usahakan batuk-batuk kecil semoga lebih tertekan lagi kandung kemih kita dan tidak bersisa lagi air seni kita. 
  2. Saat kita buang air seni dengan jongkok biasanya di ikuti kita buang gas (membuang sisa metabolisme lagi dan jarang sekali terjadi dikala buang air seni dengan berdiri). 
  3. Saat kita buang air seni dengan bangun kandung kemih kita tidak tertekan sehingga air seni masih tertinggal sebagian dalam tubuh, bayangkan kotoran badan (sisa metabolisme) yang seharusnya keluar badan ada dalam badan kita dan itu sudah berlangsung usang sesuai umur kita niscaya akan menjadikan aneka macam macam penyakit. 
  4. Ketika kita selesai buang air seni dengan bangun kemudian kita melaksanakan acara yang menekan kandung kemih (duduk, jongkok) air seni yang tersisa dalam kandung kemih akan keluar sendiri tanpa kita sadari jadi kita sudah terkena najis tanpa kita sadari, so gimana ibadah kita (sholat misalnya). 
  5. Secara medis kencing bangun ialah penyebab utama penyakit kencing watu pada semua penderita penyakit tersebut dan merupakan salah satu penyebab penyakit lemah syahwat bagi sebagian pria. 
Secara agama, kebanyakan orang yang biasanya kencing bangun kemudian mereka akan mendirikan shalat, ketika akan ruku’ atau sujud maka terasa ada sesuatu yang keluar dari kemaluannya, itulah sisa air kencing yang tidak habis terpencar ketika kencing sambil berdiri, apabila hal ini terjadi maka shalat yang dikerjakannya tidak sah lantaran air kencing ialah najis dan salah satu syarat sahnya shalat ialah suci dari hadats kecil maupun hadats besar. 

Umumnya kita memandang ringan terhadap cara dan daerah buang air, mungkin lantaran pertimbangan waktu atau situasi dan kondisi yang mengharuskan (terpaksa) untuk kencing bangun tanpa menyangka keburukannya dari sisi sunnah dan kesehatan. Orang dulu memiliki budaya melarang anak kencing bangun sehingga kita sering mendengar pepatah “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari”, lantaran memang terdapat dampak negatif dari kencing berdiri. 

Kebiasaan orang kencing bangun akan gampang lemah bathin, lantaran sisa-sisa air dalam pundit-pundi yang tidak habis terpancar menjadikan kelenjar otot-otot dan urat halus sekitar zakar menjadi lembek dan kendur. Berbeda dengan buang air jongkok, dalam keadaan bertinggung tulang paha di kiri dan kanan merenggangkan himpitan buah zakar. Ini memudahkan air kencing gampang mengalir habis dan memudahkan untuk menekan pangkal buah zakar sambil berdehem-dehem. Dengan cara ini, air kencing akan keluar sampai habis, malahan dengan cara ini kekuatan sekitar otot zakar terpelihara. 

Ketika buang air kencing bangun ada rasa tidak puas, lantaran masih ada sisa air dalam kantong dan telur zakar di bawah batang zakar. Ia berkemungkinan besar menimbulkan kencing batu. Kenyataan menunjukan bahwa watu karang yang berada dalam ginjal atau kantong seni dan telur zakar ialah disebabkan oleh sisa-sisa air kencing yang tak habis terpencar. Endapan demi endapan karenanya mengkristal/mengeras menyerupai watu karang. 

Jika anda biasa meneliti sisa air kencing yang tak dibersihkan dalam kamar mandi, anda bayangkan betapa keras kerak-keraknya. Bagaimana kalau itu ada di kantong kemaluan Anda?? Hal ini juga merupakan salah satu yang menimbulkan penyakit lemah syahwat pada laki-laki selain dari penyebab kencing batu.