Kesaksian Prof. Dr. Al-Muhaddits As-Sayyid Muhammad Ihwal Bangsa Indonesia

Tatkala Prof. DR. al-Muhaddits as-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki bersama rombongan ulama lainnya pergi berziarah ke Makam Rasulullah saw., tiba-tiba dia diberikan kasyaf (tersingkapnya hijab) oleh Tuhan swt. sanggup jumpa dengan Rasulullah saw.


Di belakang Nabi Muhammad saw. sangat banyak orang yang berkerumunan. Ketika ditanya oleh as-Sayyid Muhammad al-Maliki: “Ya Rasulullah, siapakah orang-orang itu?”


Rasulullah saw. pun menjawab: “Mereka yaitu umatku yang sangat saya cintai.”


Dan diantara sekumpulan orang yang banyak itu ada sebagian kelompok yang sangat banyak jumlahnya. Lalu as-Sayyid Muhammad al-Maliki bertanya lagi:“Ya Rasulullah, siapakah mereka yang berkelompok sangat banyak itu?”


Rasulullah saw. lalu menjawab: “Mereka yaitu bangsa Indonesia yang sangat banyak mencintaiku dan saya mengasihi mereka.”


Akhirnya, as-Sayyid Muhammad al-Maliki menangis terharu dan terkejut. Lalu dia keluar dan bertanya kepada jama’ah: “Mana orang Indonesia? Aku sangat cinta kepada Indonesia.” (Dikutip dari ceramah Syaikh KH. Muhyiddin Abdul Qadir al-Manafi).


Bukti kecintaan as-Sayyid Muhammad al-Maliki kepada orang Indonesia yaitu dengan membangunkan Pesantren khusus untuk orang Indonesia di Mekkah. Dan dia sangat senang dan senang apabila ada orang/ulama Indonesia yang menyempatkan bersilaturrahim di rumahnya. Bahkan dia sering memperlihatkan oleh-oleh (hadiah) kepada orang/ulama Indonesia yang bersilaturrahim tersebut.