Hadits Wacana Zakat Shohih

Hadits wacana zakat - Sahabat pencinta zakat, kali ini admin akan membuatkan isu penting wacana hadits hadits yang shohih mengenai zakat. Sebelumnya admin juga sudah menciptakan artikel penting wacana apakah zakat profesi itu ada ? Jika anda penasaran, temukan jawabannya pada artikel tersebut.
Zakat yaitu perintah Alloh yang wajib dilakukan oleh setiap hambanya yang kena kewajiban zakat. Tetapi didalam al-quran, dalil dalil wacana zakat masih umum dan tidak rinci, oleh alasannya yaitu itu perlu klarifikasi rinci wacana cara-cara maupun apa saja yang wajib dizakati, dan klarifikasi rinci tersebut sanggup kita dapatkan dari hadits-hadits shohih Rosululloh. Lalu apa saja hadits hadits yang berkaitan dengan zakat ? Silahkan simak hadits wacana zakat shohih berikut ini.

Hadits Tentang Zakat

Dibawah ini yaitu kumpulan hadits wacana zakat yang shohih yang sanggup anda pakai sebagai tumpuan anda dalam beribadah.

Hadits Wajib Zakat

 "Dari Abu Hurairah r.a. Sesungguhnya seorang Arab tiba kepada Nabi SAW kemudian ia bertanya, "Tunjukkanlah kepadaku atas amal-amal yang kalau saya mengamalkannya saya akan masuk surga." Rosul SAW menjawab, "Beribadahlah engkau kepada Alloh jangan menyekutukan-Nya sedikitpun, engkau mendirikan sholat maktubah, engkau menunaikan zakat mafrudhoh, dan engkau laksanakan shaum ramadhan," ia berkata, "Demi yang jiwaku di genggaman-Nya, saya tidak akan menambah atas ini" Dan saat orang itu pergi, Rosul SAW bersabda, "Siapa yang ingin melihat spesialis surga, lihatlah orang ini." (H.R. Bukhori)

"Islam didirikan atas limar dasar: Mengikrarkan bahwa tidak ada Yang Mahakuasa selain Alloh dan Muhammad yaitu utusan Alloh, mendirikan sholat, membayar zakat, menunaikan haji, dan berpuasa pada bulan Romadhon." (H.R. Muttafaq Alaihi)

Note: Artikel lengkap wacana zakat sanggup anda baca pada artikel pengertian zakat.

Hadits Tentang Akibat Tidak Mau Mengeluarkan Zakat

"Siapa yang dikaruniai oleh Alloh kekayaan tetapi tidak mengeluarkan zakatnya, maka pada hari final zaman nanti ia akan didatangi oleh seekor ular jantan gundul, yang sangat berbisa dan sangat seram dengan dua bintik diatas kedua matanya, kemudian melilit dan mematuk lehernya sambil berteriak, "Saya yaitu kekayaanmu, saya yaitu perhiasanmu, yang kamu timbun-timbun dahulu." Lalu Nabi SAW membaca ayat, "sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Alloh berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu yaitu jelek bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak dilehernya di hari kiamat".
Sabda Nabi SAW:
"Golongan orang orang yang tidak mengeluarkan zakat akan Alloh timpakan kepada mereka kelapaan dan kemarau panjang." (H.R. Thabrani)

"Bila mereka tidak mengelurakan zakat, berarti mereka menghambat hujan turun, seandainya hewan tidak ada, pastilah mereka tidak akan diberi hujan." (H.R. Ibnu Majah)

Hadits Tentang Zakat Fitrah

"Rosululloh SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang shaum dari segala perkataan yang keji dan jelek yang mereka lakukan selama mereka shaum, dan untuk menjadi masakan bagi orang-orang yang miskin." (H.R. Abu Daud)

Note: Untuk mengetahui lebih terang wacana zakat fitrah, baca artikel pengertian zakat fitrah.

Hadits Tentang Zakat Mal

 "Tidak ada seorang pun yang memiliki emas dan perak yang beliau tidak berikan zakatnya, melainkan pada hari final zaman akan dijadikan hartanya itu beberapa keping api neraka. Setelah dipanaskan didalam neraka jahannam, kemudian digosokkan pada lambung, dahi, dan punggungnya, dengan pecahan itu; setiap pecahan itu dingin, akan dipanaskan kembali. Pada (hitungan) satu hari yang lamanya 50 ribu tahun, sehingga Alloh menuntaskan urusan dengan hambanya." (H.R. Muslim)

Note: Baca artikel lengkapnya wacana zakat mal ini pada artikel Zakat mal serta macam-macamnya.

Sahabat pencinta zakat, itulah isu penting mengenai zakat yaitu hadits wacana zakat yang shohih. Semoga bermanfaat untuk anda, dan agar sehabis membaca artikel ini kesadaran anda untuk bederma lebih meningkat lagi dari sebelumnya. Aamin