Apa Fungsi Zakat ?

apakah zakat fitrah sanggup dengan uang, anda sanggup membacanya dengan meng klik link tersebut.
Kembali ke topik artikel ini, pertanyaan ini juga mungkin sering muncul dibenak anda yang sudah atau akan berzakat. Salah satu fungsi dari bederma tentu saja yaitu menciptakan kita taat kepada Alloh SWT, sebab zakat yaitu salah satu perintah Alloh SWT yang wajib dikerjakan, bila kita mengaku hamba Alloh maka zakat ini dihentikan ditinggalkan. Baca selengkapnya ihwal fungsi zakat dibawah ini.

Fungsi Zakat

Zakat yaitu al-ibadah al-maaliyah al-ijtimaiyyah, yaitu ibadah di bidang harta yang mempunyai posisi serta kedudukan yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kesejahteraan umat untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, pemenuhan kebutuhan ekonomi, kesehatan, dan lain lain.

Zakat juga mempunyai fungsi untuk mendorong kejujuran dalam melakukan aktivitas ekonomi. Sabda Rosululloh SAW:

"Sesungguhnya Alloh SWT tidak akan mendapatkan sholat tanpa bersuci dan tidak pula (menerima) shodaqoh yang ada unsur tipu daya." (H.R. Muslim)

Zakat juga sanggup dipakai untuk mengoptimalkan aktivitas dakwah penegakan kalimatulloh. menyerupai yang dijelaskan pada ayat berikut yang artinya:

"Berinfaklah kepada orang-orang yang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Alloh; mereka tidak sanggup (berusaha) di muka bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya sebab memelihara diri dari minta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang-orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kau nafkahkan (di jalan Alloh), maka sesungghunya Alloh maha mendengar maha mengetahui" (Q.S. Al-Baqoroh: 273)

Note: Baca juga pengertian zakat dan pengertian zakat fitrah.

Sahabat pencinta zakat, itulah tadi fungsi fungsi dari zakat. Semoga bermanfaat dan agar sesudah membaca artikel ini anda menjadi lebih bersemangat lagi untuk mengerjakan salah satu perintah Alloh yaitu zakat.