Pantang Menyerah

Seekor kuda terperosok ke dalam sumur yang sudah kering. Karena sudah mustahil menolong kuda tersebut, maka orang-orang di kampung tetapkan untuk menutup sumur itu. Mereka ingin mengubur kuda itu hidup-hidup supaya bangkainya tidak mengganggu dan semoga insiden serupa tidak terulang kembali.
Merekapun bergotong royong mengangkut tanah dan memasukkannya ke dalam sumur. Lalu, apa yang terjadi? Setiap ada tanah yang mengena punggungnya, kuda itu selalu membuangnya ke bawah kemudian memindahkan kakinya ke atas tanah tersebut. Semakin tinggi tanah menutupi sumur, maka semakin tinggi pula posisi kuda itu. Sehingga kesannya ia dapat keluar dari sumur dengan selamat.
Pesan Moral Ke 1:
Begitulah citra kita dalam hidup ini. Ketika perjalanan hidup melemparkan beban dan problem ke punggung kita, maka kesampingkanlah kemudian berdirilah dengan kokoh di atasnya, maka suatu ketika nanti semua itu akan menaikkan posisi kita ke puncak.
Pesan Moral Ke 2:
Ketika orang-orang meremehkanmu, menghinamu bahkan berusaha menjatuhkanmu... mencelakaimu... justru upaya itu berbalik memberi keberuntungan kepadamu yang terus berjuang, bertahan dan pantang menyerah.

Allah Swt. berkali-kali mengingatkan kita dalam firmanNya semoga kita selalu semangat dan selalu pantang mengalah atas ujian dan cobaan hidup yang menimpa diri kita.

“Sesungguhnya sehabis  kesulitan itu niscaya ada kemudahan” ( Al Insyirah: 4)
“Cukuplah Tuhan bagiku. Tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya saya bertawakal.” (At-Taubah: 129)
“Janganlah kau bersikap lemah dan janganlah pula kau bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi darjatnya kalau kau orang-orang yang beriman.” (Ali-Imran:139)
“ …dan janganlah kau berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Tuhan melainkan kaum yang kafir” (Yusuf : 12)

Sabda Rasulullah Saw. :

“Tiada seorang Muslim yang menderita kelelahan atau penyakit, atau kesusahan hati, bahkan gangguan yang berupa duri melainkan semua insiden itu akan menjadi penebus dosanya.” (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim) 

NEVER GIVE UP!!