Sholat Jenazah Perempuan

Kalau melihat judul di atas "Sholat Jenazah Perempuan", mungkin saja ada 2 pengertian yang berbeda yakni :
1. sholat mayit yang dilakukan perempuan
2. sholat mayit yang mayatnya perempuan

Oke kita jelaskan satu persatu yah.

Sholat mayit yang dilakukan muslimah perempuan

Umumnya sholat mayit dilakukan oleh muslim laki-laki di mesjid secara berjamaah. Namun apakah para muslim perempuan juga boleh melaksanakan sholat mayit ? Jawabannya boleh, alasannya yaitu tidak ada dalil bagi perempuan dilarang melaksanakan sholat jenazah. Intinya kaum muslimah boleh melaksanakan sholat mayit di mesjid secara berjamaah dengan laki-laki, tentunya dengan berbeda ruangan menyerupai halnya sholat berjamaah tarawih.

Hal ini bersandarkan pada hadits Nabi riwayat Imam Muslim, sebetulnya saat Sa'ad bin Abi Waqqas wafat, para istri Nabi meminta biar jenazahnya dibawa ke masjid biar mereka dapat mensholatinya.

Tapi sekiranya tidak dilakukan di mesjid pun, boleh melakukannya di rumah.


Sholat mayit yang mayatnya perempuan

Kalau untuk duduk perkara ini Saya yakin semuanya sudah tahu bahwa mayat perempuan atau mayat laki-laki muslim wajib dishalatkan sebelum dikubur. Tata cara sholat mayit perempuan dan laki-laki pun sama tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya ucapan niat dan doanya saja yang sedikit berbeda.

Untuk duduk perkara bacaan sholat mayit ini, sudah Saya jelaskan secara gamblang di artikel Saya yang berjudul tata cara sholat jenazah.