Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesehatan

Sebelumnya mungkin Anda telah membaca artikel doa setelah sholat dhuha dalam goresan pena arab, nah kali ini Saya akan share apa-apa saja manfaat sholat dhuha untuk kesehatan bila Anda selalu merutinkannya tiap hari.

Tujuan Saya menulis ini semoga Saya khususnya termotivasi dalam melaksanakan sholat dhuha, sebab umumnya insan akan bersemangat melaksanakan sesuatu bila tahu imbalannya. Anda semangat untuk bekerja, sebab sudah tahu imbalannya berapa. Anda maksain kerja di kantor sebab dah tahu tangal satu akan digaji.

Dengan qiyas di atas, mudah-mudahan setelah kita tahu manfaat sholat dhuha, kita semangat melaksanakan sholat dhuha setiap hari. Ini ia manfaat sholat dhuha ditinjau dari segi kesehatan.

Pengganti olahraga
Kita tahu bahwa batas waktu sholat dhuha dilakukan pada pagi hari ialah jam-jam sekitar pukul 08.00 hingga menjelang dhuhur. Nah, pada jam-jam tersebut, biasanya sangat cocok sekali digunakan untuk melaksanakan olahraga. Dengan melaksanakan sholat dhuha, maka sama saja dengan olahraga. Setiap persendian pada badan selalu bergerak, mulai dari tangan, siku hingga dengan lutut dan kaki.  Dan dengan gerakan ini kita telah melaksanakan olahraga tanpa sadar.  Menurut Dr. Ebrahim Kazim (seorang dokter, peneliti, sekaligus administrator dari Trinidad Islamic Academy), menyatakan bahwa gerakan teratur dari sholat akan menguatkan otot berserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.

Membuat punggung menjadi lurus
Dengan sering melaksanakan sholat dhuha, berarti kita sering meluruskan tulang punggung sehingga tulang punggunya yangasalnya membungkuk atau condong kedepan dan bengkok kesamping, maka secara bertahap dapat kembali menyerupai sedia kala bila Anda sering melaksanakan sholat dhuha.

Peredaran darah menjadi lancar
Sholat dhuha mampu  melancarkan peredaran darah di dalam badan manusia. Mengapa demikian ? Karena setiap gerakan di dalam sholat dhuha mampu mengalirkan darah dari atas kepala hingga ke bawah.

Menyeimbangkan hormon
Sholat dhuha sangat bermanfaat untuk menormalkan produksi hormon di dalam tubuh.

Meningkatkan kesehatan jiwa
Sholat dhuha sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan rohani, membuat jiwa terasa lebih hening dan terhindar dari stress. Jika kita melakukanya dengan khusyu dan fokus kepada Allah, maka pasti kita akan menerima ketenangan batin atau jiwa.

Menyehatkan otak

Melalui rangkaian gerakan pada sholat dhuha, maka otak menjadi lebih rileks dan fresh sehingga mampu menangkal stress. Menurut Dr. Ebrahim Kazim, saat kita sholat maka bakal ada ketegangan yang lenyap, sebab badan mengelurakan zat-zat menyerupai enkefalin dan endorfin yang efeknya membuat otak fresh dan juga tenang. Selain itu, saat kita bersujud, maka sirkulasi darah menuju otak menjadi lebih optimal sehingga pemasokan darah dan oksigen ke otak pun menjadi baik dan membuat otak encer dalam berfikir.

Itulah beberapa manfaat sholat dhuha yang mampu kita rasakan apabila kita selalu mendawamkannya tiap hari. Ayo kita gebrak Indonesia dengan melaksanakan sholat dhuha tiap hari.