Hikmah Puasa Senin Kamis

Tidak semata-mata Rasulullah menganjurkan puasa Senin Kamis, melainkan ada pesan yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Disamping mempunyai pahala yang besar bagi yang melakukannya, ternyata puasa pada umumnya sangat berkontribusi dalam kesehatan fisik. Hal ini gres terbukti setelah para ilmuwan Barat meneliti kenapa dalam Islam diperintahkan melaksanakan puasa wajib dan dianjurkan melaksanakan puasa sunat.

Salah satu penelitian wacana puasa ini ialah penelitian yang dilakukan oleh National Health Service (NHS). Mereka menyatakan bahwa puasa selang-seling (puasa Senin Kamis/puasa Daud) ternyata tidak hanya membantu kesehatan secara keseluruhan tapi juga sangat memiliki kegunaan untuk menurunkan berat tubuh khususnya bagi yang melaksanakan diet.

Keuntungan puasa menurut teori mereka, bahwa tubuh kita ini memiliki hormon pertumbuhan yang dikenal dengan nama IGF-1. Hormon ini berfungsi dalam membantu proses tumbuh-kembang ketika kita masih kecil. Ketika kita telah remaja hormon tersebut mampu menjadikan penuaan, sementara kalau pertumbuhannya melewati batas maka dapat menjadikan kanker, diabetes serta penyakit lainnya.

Dengan cara berpuasa, maka mampu menurunkan tingkat IGF-1, yang dipercaya oleh sebagian ilmuwan mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel gres dan mendorong tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang telah ada. Puasa juga mampu mempercepat proses pembakaran lemak, sehingga kita dapat menurunkan berat tubuh dengan cepat.

Sementara itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Baltimore National Institute on Aging, menyatakan bahwa puasa sekali atau dua kali dalam sepekan (puasa Senin Kamis maksudanya) dapat melindungi otak dari penyakit menyerupai Alzheimer dan Parkinson.

Mereka menamakan puasa ini dengan Diet 5:2. Dikatakan diet 5:2, alasannya ialah kita melaksanakan puasa dua hari dalam waktu berbeda dalam sepekan. Sedangkan sisanya 5 hari kita tidak berpuasa. Kalori yang dikonsumsi pada ketika berpuasa, untuk pria dapat mengonsumsi 600 kalori dan wanita hanya 500 kalori.

Itulah segelintir pesan yang tersirat dianjurkannya puasa Senin Kamis. Oleh alasannya ialah itu, mari kita tingkatkan amal ibadah puasa kita salah satunya dengan puasa Senin Kamis. Jangan lupa kalau akan melaksanakan puasa Senin Kamis, baca dulu niat puasa Senin Kamis semoga ibadahnya ikhlas.

Tentu aneka macam hikmah puasa Senin Kamis lainnya yang belum diketahui alasannya ialah keterbatasan ilmu kita. Insya Yang Mahakuasa seiring dengan waktu, bagi yang rajin puasa Senin Kamis, maka beliau akan menemukan pesan yang tersirat yang tersembunyi di balik proposal Rosululloh tersebut.