Inilah Yang Harus Dipersiapkan Dalam Menyambut Puasa Ramadhan

Inilah Yang Harus Dipersiapkan Dalam Menyambut Puasa Ramadhan. Maka Beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan , alasannya dengan persiapan tentu saja kesannya akan lebih baik.  berikut yaitu hal-hal yang perlu anda persiapkan saat menyambut bulan puasa.

Inilah Yang Harus Dipersiapkan Dalam Menyambut Puasa Ramadhan

 

Persiapan Keimanan.

Persiapkan keimanan anda untuk tidak melaksanakan perbuatan maksiat , ibarat menjaga pandangan dan lain-lain. Semoga dengan kebiasaan tersebut akan memudahkan kita menahan diri di bulan Ramadhan sehingga ibadah jadi sempurna.

Persiapan Tentang Pemahaman Sahnya Puasa.

Syarat Sah Puasa yakni niat , suci dari haid dan nifas , beragama Islam , dan waktu yang boleh untuk diisi dengan puasa (puasa tidak sah pada hari Raya Id). Perlu diketahui bahwa syarat yaitu perkara yang berada di luar hakikat sesuatu , sedangkan rukun yaitu perkara yang merupakan bab dari hakikat sesuatu. Keharusan adanya niat dalam puasa ini didasarkan atas sabda Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam ,
 “Barangsiapa tidak meniatkan puasa sebelum terbit fajar , maka puasanya tidak sah.” (Diriwayatkan Ahmad dan empat penulis kitab Sunan dari Hafshah).
Puasa memang merupakan ibadah mahdhah , sehingga memerlukan niat , sama ibarat shalat.

Persiapan Tentang Kesempurnaan Menjalani Puasa.

Nabi Muhammad SAW bersabda ,
”Betapa banyak orang yang berpuasa tidak menerima apa-apa kecuali rasa lapar dan dahaga.” 
Hal inilah yang menawarkan bahwa hakikat puasa bukan hanya menahan diri dari lapar , dahaga dan bersetubuh.

Imam al-Ghazali dalam buku yang berjudul Cahaya di Atas Cahaya mengatakan
“Kesempurnaan puasa yaitu dengan mencegah segenap anggota tubuh dari segala hal yang tidak disenangi oleh Allah. Seyogyanya engkau juga menjaga mata dari melihat hal-hal yang tidak disenangi oleh Tuhan , menjaga mulut dari mengucapkan hal-hal yang tidak bermakna , menjaga indera pendengaran dari mendengarkan , hal-hal yang diharamkan Tuhan Ta’ala. Orang yang mendengar yaitu sahabat si pembicara , yang karenanya beliau juga dikategorikan sebagai orang yang menggunjing. Begitu juga engkau harus mengontrol seluruh anggota tubuh sebagaimana engkau menjaga perut dan kemaluan.”

Persiapan Tentang amalan dibulan Ramadhan

Amalan-amalan ibadah sunah dibulan ramadhan memiliki pahala sangat berlimpah dan perlu kita lakukan demi tidak menjadi insan yang rugi alasannya lalai dengan keutamaan dan keberkahan yang berlimpah di bulan Ramadhan. Dimana amalan-amalan tersebut antara lain yaitu Melaksanakan Makan Sahur , Menyegerakan Berbuka Puasa , Tadarus Al-Quran dan Mengkhatamkannya , Berdakwah / Menyebarkan Ilmu Kebaikan , Memberikan Makanan Berbuka Puasa (Ith’amu ath-tha’am) , melaksanakan Shalat Tawawih , Bertaubat , I’tikaf , Lailatul Qadar , Umrah , dan Zakat Fitrah.

Persiapan Tentang Pemahaman Zakat

Zakat yaitu merupakan salah satu pedoman pokok dalam agama Islam yang yaitu merupakan dukungan wajib yang dikenakan pada kekayaan seseorang yang beragama islam yang telah terakumulasi nisab dan haul dari hasil perdagangan , pertanian , hewan ternak , emas dan perak , banyak sekali bentuk hasil pekerjaan/profesi/ investasi/saham dan lain sebagainya.

Zakat merupakan salah satu pedoman pokok agama Islam yang sekaligus berfungsi sebagai asset ummat Islam yang sangat potensial dalam rangka menunjang pembangunan nasional khususnya dibidang pengentasan kemiskinan , kebodohan dan keterbelakangan.

Dikutip dari banyak sekali sumber