11 Amalan Yang Dikerjakan Ketika Haid

Tak ada satu argumenpun untuk wanita yang tengah dalam kondisi tak suci atau haid untuk meninggalkan amalan-amalan sunnah atau beribadah yang berpahala. Wanita yang tengah haid diharamkan untuk lakukan sholat, berpuasa, thowaf, membaca Al-qur’an dengan menyentuhnya kitab suci Al-Qur’an. Lantas, apa sajakah yang dapat dikerjakan bila tamu tidak diundang itu datang? Jawabannya sangatlah banyak. Dalam kajian di bawah ini yang bakal membahas mengenai amalan-amalan sunnah yang dapat ditangani oleh wanita waktu haid atau tengah dalam kondisi berhadas atau tengah tak suci. 

Amalan Yang Dapat Dikerjakan Wanita Waktu Haid & Nifas 

Di bawah ini ada banyak hal yang dapat rekan-rekan muslimah kerjakan atau ditangani waktu tengah tak suci, salah satunya yakni : 

1. Perbanyak istighfar untuk memohon ampun pada Allah 
Berdzikir serta berdoa sebanyak mungkin, dapat juga membaca ayat Al-Qur’an dengan kemauan untuk berdzikir atau berdoa seperti membaca basmalah, ayat kursi, falaq binNas (Al-falaq, An-Nas serta Al-Ikhlas), serta ayat lain yang maksud membacanya tak lain hanya untuk dzikir serta berdoa. 

Amalan Yang Dikerjakan Ketika Haid

2. Membaca sholawat nabi 
Seperti sholawat nariyah, sholawat nur buwat, sholawat badar serta lain sebagainya. Walau banyak kelompok yang berasumsi sholawat itu bid’ah, kembali ke diri semasing. Yang masihlah inginkan syafaat nabi nantinya di yaumil akhir, jadi perbanyaklah membaca sholawat. 

3. Membaca atau mengamalkan Asmaul Husna 
Membaca serta membahas kitab, seperti kitab kuning, tarjamah maupun hadits-hadits yang lain serta membaca buku-buku mengenai agama. 

4. Dengarkan tausyiah 
Dengarkan tausyiah atau ceramah agama, baik lewat cara menghadiri pengajian-pengajian maupun dengarkan tausyiah melalui media tv, radio serta lain sebagainya. 

5. Memberi pengetahuan agama 
Bisa dikerjakan lewat cara bertholabul ‘ilmi seperti menghadiri majlis ta’lim, berbagi mengenai pengetahuan agama pada beberapa orang yang berilmu serta lain sebagainya. 

6. Berikan makan pada orang yang berpuasa 
Mempersiapkan atau berikan makanan untuk berbuka puasa ketika bln. ramadhan atau puasa -puasa sunnah. 

7. Berikan Shodaqoh 
Beramal jariyah pada beberapa orang yang tengah memerlukan. 

8. Mengemukakan atau berdakwah walaupun cuma satu ayat 
Mengemukakan satu kebaikan walaupun cuma satu ayat termasuk juga dalam perbuatan terpuji. Jadi sampaikanlah apa yang anda kenali atau sharing pengetahuan pada orang lain dengan mengamalkan apa yang terdapat dari dalam ayat Al-Qur’an ataupun Hadits. 

9. Membaca Al-Ma’surat 
Membaca doa dengan kemauan berdzikir saat pagi serta petang. 

10. Lakukan pekerjaan rumah 
Kerjakan masalah serta pekerjaan rumah tangga dan menolong keluarga dalam penuhi keperluannya. 

11. Bersujud saat mendengar ayat sajadah serta berdoa. 
Nah tersebut sebagian Amalan Yang Dapat Dikerjakan Wanita Waktu Haid & Nifas, mudah-mudahan berguna. Sekian kajian kesempatan ini, bila ada kekeliruan mohon dimaafkan serta demikian terimakasih :)