12 Binatang Yang Disebut Dalam Al qur'an

Binatang Yang Disebut Dalam Al qur'an-Hewan memanglah berkedudukan lebih rendah dibanding dengan manusia. tetapi, walau sekian kita tetaplah mesti menyayangi hewan-hewan itu lantaran keduanya sama ciptaan Allah. Walau demikian, nyatanya terdapat banyak hewan yang istimewa, hal itu lantaran namanya terdaftar dalam Al-Qu’an. Diluar itu, hewan-hewan itu juga mempunyai kelebihan yang lain. Tersebut disini sebagian hewan yang terdaftar dalam Al-Qur’an serta mempunyai keunggulan yang lain. 

1. Keledai 
Keledai dijelaskan dalam Al-Qur’an yakni dalam surat Al Jumu’ah ayat 5. Dalam ayat ini Allah SWT menyindir golongan Yahudi yang tidak ingin mengamalkan Taurat. Mereka seperti keledai yang mengangkut kitab-kitab dipunggungnya. Kitab-kitab itu sekalipun tak berguna baginya terkecuali membuatnya kepayahan. 

Dalam satu hadist shahih, Rasulullah SAW menjelaskan kalau keledai dapat lihat jin. Beliau memerintahkan umatnya untuk memohon perlindungan pada Allah apabila mendengar ringkikan keledai pada malam hari, lantaran sejatinya dia tengah lihat jin. 

Satu hasil riset membuka mengapa keledai bisa lihat jin. Hal itu karena sebab keledai bisa lihat dengan cahaya infra merah. sesaat Allah membuat jin dari api, itu bermakna jin termasuk juga dalam lingkup infra merah. Oleh sebab tersebut keledai bisa lihat jin. 

Terkecuali terdaftar dalam Al-Qur’an, keledai juga mempunyai kelebihan yang lain. Air susu keledai mempunyai kwalitas yang tambah baik dibanding dengan susu. Hal itu dikarenaan kandungan protein didalam susu keledai 2 x lipat daripada susu sapi. Bahkan juga di Eropa, susu keledai ini jadikan masker yang bermanfaat untuk bersihkan dan menghaluskan kulit. 

Bukan sekedar itu, nyatanya harga olahan keju dari susu keledai yaitu yang termahal didunia. harga sekilonya dapat meraih 12 juta. Pemicunya yaitu satu keledai betina cuma dapat membuahkan dua desiliter susu perharinya. Sedang untuk sistem pembuatan keju diperlukan 25 liter. 

 Binatang Yang Disebut Dalam Al qur'an

2. Katak 
Hewan yang satu ini terdaftar dalam surat Al A’raaf atau 133. Dalam ayat ini, Allah bercerita azab yang di turunkan pada Fir'aun serta pengikutnya yang kafir. Allah kirim beberapa ribu katak untuk mengazab mereka. Namun sungguh celaka, mereka yaitu golongan yang sombong. Sesudah azab itu reda mereka kembali lakukan kekufuran pada Sang Pencipta. 

Sedang, dalam satu hadist, Rasulullah SAW sudah melarang umatnya untuk membunuh katak. Tersebut argumen beberapa ulama mengenai haramnya konsumsi katak. Asumsinya yaitu untuk membunuhnya saja diharamkan terlebih untuk mengkonsumsinya. Diluar itu, sebagian type katak ada juga yang memiliki kandungan toksin, hal itu sudah pasti bakal membahayakan jika dikonsumsi oleh manusia. 

Terkecuali terdaftar dalam Al-Qur’an, nyatanya katak juga memiliki kelebihan yang lain. Yakni akan tidak mati meskipun dibekukan. Katak bakal tetaplah dapat hidup kembali saat es telah mencair, meskipun saat dibekukan denyut jantung, pernafasan dan aliran darahnya sekalipun berhenti. 

Penjelasan ilmiah tentang itu yaitu, saat badannya dibekukan, katak memiliki kekuatan untuk bikin semakin banyak glukosa. Konsentrasi glukosa yang tinggi tersebut yang bakal menghindar air keluar dari sel dan menghindar terjadinya penyusutan. Glukosa tersebut yang bisa turunkan titik beku, hingga cuma sedikit cairan badan yang beralih jadi es. 

3. Kutu 
Kutu ada dalam surat Al-A’raaf ayat 133 sama dengan ayat tentang katak. Allah juga mengatakan kutu sebagai azab kiriman untuk Fir’aun serta pengikutnya yang kafir. 

Mungkin saja kita kerap meremehkan hewan kecil ini, namun nyatanya kutu memiliki kelebihan yang mengagumkan. Kelebihan itu yaitu, kutu dapat melompat kian lebih 100 kali tinggi tubuhnya, sepadan dengan manusia yang bisa melompat setinggi 660 kaki (200 m). Kekuatan mengagumkan itu karena sebab ada satu system pegas yang ada dibagian kakinya. Hal semacam itu bisa kutu kerjakan 3 kali 24 jam. Sungguh satu kenyataan yang mengagumkan 

4. Belalang 
Terkecuali katak serta kutu, Allah juga mengutus beberapa ribu belalang untuk jadi azab untuk Fir'aun serta kaumnya yang kafir. Dalam Islam, belalang yaitu satu diantara hewan yang bangkainya halal dikonsumsi. Menurut riset, belalang ini mengandung protein yang begitu tinggi. Tidak heran bila di banyak daerah belalang jadikan camilan yang lezat untuk dikonsumsi. 

Terdapat beberapa type belalang didunia ini. Sebagian salah satunya begitu pandai untuk berkamuflase mirip daun, bunga, serta ranting tanaman. Diluar itu, kaki belakang dari belalang yang panjang serta kuat bermanfaat untuk melompat. Hal tersebut yang bikin belalang bisa melompat meraih 1, 5 mtr.. Bahkan juga, dapat lebih jauh lagi jika sembari mengepakkan sayapnya. 

Diluar itu, kaki belakangnya yang panjang itu bukan sekedar untuk melompat namun dapat juga dipakai untuk berenang. Bahkan juga ia dapat berenang dengan cepat. Oleh karenanya, belalang termasuk juga perenang yang baik di kelompok serangga. Hal unik yang lain mengenai belalang yaitu ada teling di perut dekat sayapnya. Telinga itu diberi nama tympanum. Walau dapat mendengar, walau demikian belalang tak dapat membedakan suara dengan baik. 

5. Babi 
Babi dijelaskan dalam Al Qur'an pada surat Al An'aam ayat 145 serta Al Maidah ayat 3. Keduanya mengulas mengenai haramnya konsumsi babi. Banyak literatur yang mengatakan kalau babi yaitu hewan yang memiliki tingkah laku buruk serta rutinitas yang menjijikan. 

Pemicunya yaitu babi adalah hewan yang rakus saat melahap makanan dibanding dengan hewan yang lain. Ia dapat melahap semuanya makanan yang ada dihadapannya. Diluar itu, saat ia sudah kenyang serta makanannya telah habis, jadi ia bakal memuntahkan kembali isi perutnya serta lalu kembali mengkonsumsinya untuk memuaskan kerakusannya itu. 

Lebih menjijikkan lagi, hewan yang satu ini bahkan juga dapat mengonsumsi kotoran apa pun yang ada dihadapannya. Baik itu kotoran manusia, hewan lain bahkan juga kotorannya sendiri. Diluar itu, babi juga sukai mengencingi kotorannya lantas mengkonsumsinya. 

Babi diharamkan untuk dikonsumsi lantaran hewan yang satu ini tak mempunyai leher hingga ia tak dapat untuk menengok ke atas serta tak dapat untuk disembelih. Lantaran tak dapat disembelih, jadi darah pada badan hewan ini tak dapat di keluarkan hingga bakal membeku di urat-urat darah serta dagingnya. Daging yang seperti berikut tak sehat serta tak layak untuk dikonsumsi. 

Kenyataan lain tentang babi yaitu hewan ini tak memiliki rasa cemburu. Jika dua ayam jantan mereka bakal berkelahi untuk memperebutkan sang betina. Walau demikian, tidak sama dengan dua babi jantan mereka malah bekerja bersama untuk menyetubuhi betinanya beramai-ramai. 

6. Serigala 
Hewan serigala diterangkan dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 17. Dalam ayat itu sudah dijelaskan seekor hewan yang dengan cara zalim dituduh, walau sebenarnya hewan itu terlepas dari apa yang dituduhkan padanya. Hewan tu yaitu serigala yang dituduh mengonsumsi Nabi Yusuf 

Serigala ini hidup serta berburu dalam grup. Kawanan ini mempunyai pemimpin yang dimaksud 'alpha'. Alpha terbagi dalam serigala jantan serta betina. Pasangan Alpha yaitu pemegang kekuasaan paling tinggi dalam kawanan serigala, merekalah yang terlebih dulu mencicipi hasil buruan kelompoknya. Waktu serigala lain berpapasan dengan alpha, jadi serigala itu mesti senantiasa merendahkan ekornya. Alpha jantan bisa dimisalkan sebagai raja yang bijaksana serta menyukai. 

Hal yang mengagumkan dari serigala yaitu kesetiaan yang ada diantara mereka. Bukanlah hal aneh apabila kita lihat serigala yang tengah terluka, jadi serigala lain bakal berburu serta mencarikan makan untuk dia, serta menjaganya sampai pulih. Subhannallah. 

Tidak cuma itu, semua anggota kawanan bertindak utnuk menjaga bayi serigala. Bahkan juga seekor serigala betina yang sendirian kadang-kadang bertindak sebagai " bibi ", mengurusi bayi serigala lain sesaat induknya berburu atau dalam sistem pemulihan pasca melahirkan. 

Diluar itu, serigala dikenal juga sebagai hewan yang setia. Terkecuali setia dengan kawanannya, serigala juga setia dengan pasangannya. Serigala yaitu hewan monogami yang cuma mengawini satu lawan macamnya seumur hidupnya. 

7. Gajah 
Al Fiil yaitu surat dalam Al Qur'an yang mempunyai makna gajah. Hewan ini begitu tangguh dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Dalam surat Al Fiil, Allah bercerita pasukan Abrahah yang berkendaraan gajah yang menginginkan menghancurkan Ka'bah. Tetapi sebelumnya kemauan itu terwujud, Allah sudah menghancurkan mereka. Allah kirimkan pada mereka sekawanan burung ababil yang lalu menghujani mereka dengan batu neraka. Jadi matilah mereka semuanya. 

Gajah adalah hewan darat paling besar didunia serta hanya satu mamalia yg tidak dapat melompat. Walau sekian, gajah mempunyai kekuatan lain, yakni berenang. Mereka memakai belalainya untuk bernapas saat berenang. 

Diluar itu, Gajah dapat mendeteksi kehadiran sumber air dalam jarak 5 km. Gajah mempunyai indra yang tajam, terlebih pendengaran serta memorinya. Diantara semuanya makhluk darat yang hidup sekarang ini, gajah memiliki otak yang terbesar. 

Kekuatan memori gajah itu bisa dibuktikan dari langkah mengingat rute serta jarak tempuh perjalanan mereka, mengingat anggota satu koloni, dan kekuatan membedakan panggilan untuk semasing gajah yang lain. Gajah bisa memanggil gajah yang lain dalam jarak berkilo-kilo mtr.. Panggilan itu dapat lewat teriakan yang cukup keras atau mungkin dengan panggilan lewat tanah. Allahu akbar! 

8. Nyamuk 
Nyamuk adalah satu diantara serangga yang namanya dijelaskan dalam Al-Qur’an. Surat yang menerangkan tentang nyamuk ini ada pada Al-Bawarah ayat 26. Allah mengatakan nyamuk sebagai perumpamaan untuk menguji manusia, apakah tetaplah beriman atau mungkin kafir. 

Nyamuk memiliki kekuatan terbang dengan kecepatan tinggi lantaran badannya terbuat dari konstruksi bahan spesial yang begitu enteng. Luar umumnya lagi, perkawinan pada nyamuk jantan serta betina berlangsung di hawa saat mereka terbang. Biasanya, nyamuk jantan terbang bergerombol hingga tampak seperti awan, lalu sang betina bakal masuk kedalam gerombolan nyamuk jantan. Perkawinan tak berjalan lama, sesudah kawin sang jantan bakal kembali pada gerombolannya. 

Sesudah perkawinan itu, nyamuk betina memerlukan protein untuk menolong perubahan telurnya. Tersebut penyebabnya, mereka menghisap darah manusia ataupun binatang. Tehnik pengisapan darah nyamuk sangat kompleks. Dengan system enam pisaunya, nyamuk memotong kulit seperti gergaji. Waktu pemotongan kulit berjalan, dikeluarkannya cairan pada luka yang bikin jaringan mati rasa, hingga orang yang digigit tak mengerti kalau darahnya tengah diisap. Cairan ini dapat menghindar pembekuan darah serta menanggung keberlangsungan sistem pengisapan. 

Kenyataan tentang nyamuk yang lain yaitu ia terbang dengan system pengindraan spesial untuk mendeteksi tempat mangsanya. Dengan system itu, nyamuk mirip pesawat tempur yang dipersenjatai alat pelacak panas, gas, kelembaban, serta bau. Bahkan juga, serangga yang satu ini dapat lihat sesuai sama suhu, hingga mereka bisa temukan mangsa dalam kegelapan. 

9. Ikan Paus 
Cerita Nabi Yunus 'alaihissalam ditelan ikan paus dikisahkan oleh Allah pada surat Ash Shaffat ayat 139-145. Memanglah, dalam terjemahan Al Qur'an tak dijelaskan nama 'ikan paus' tetapi 'ikan besar' saja. Tetapi dalam hadits shahih Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan type ikan itu, yakni ikan Nun (paus). 

Paus biru adalah type ikan paus paling besar, panjangnya dapat meraih kian lebih 30 mtr.. Mulai sejak manusia belum mengetahui sound sistem atau pengeras nada, nada paus ini lebih keras dari nada mesin pesawat jet, yakni 118 desibel. Nada mereka dapat terdengar, walau jaraknya kian lebih 8. 000 km. Belum ada riset memuaskan mengenai pita nada paus biru. Serta uniknya, lidah mereka begitu berat, lebih berat dari pada seekor gajah. Masya Allah. 

Disamping itu, sirip ikan paus bukan sekedar disukai manusia untuk dikonsumsi. Tetapi, sirip paus yang ber berpunggung bungkuk begitu efektif dalam mendorong paus untuk bergerak, walau ikan ini memiliki ukuran begitu besar. Hal itu mempermudah mereka untuk berenang. Efisiensi hidrodinamik berlangsung lantaran ada tuberkulum dari sirip ikan ini. Hal tersebutlah yang mengilhami Biomechanist Frank Fish memasukkan design dalam bilah turbin angin. Akhirnya, produksi daya yang semakin banyak serta lebih sedikit nada pada kecepatan rendah. 

10. Ular 
Cerita Nabi Musa 'alaihissalam melawan beberapa tukang sihir Fir'aun sangatlah masyhur. Al Qur'an menceritakannya dalam surat Thaha ayat 65-71. Pada akhirnya beberapa tukang sihir itu juga beriman pada Allah sesudah ular-ular mereka dimusnahkan oleh ular punya Nabi Musa. 

Didunia ini ada beberapa ribu type ular yang berbisa ataupun tak berbisa. Type ular paling besar yaitu Anaconda, ular ini dapat tumbuh sampai meraih panjang 38 kaki atau sekitaran 13 mtr.. Sesaat type ular paling beracun didunia yaitu ular Taipan Australia, ular ini mempu membunuh 100 orang dengan dapat toksinnya cuma dengan sekali gigit saja. Mengenai King kobra yaitu type ular berbisa paling besar, panjang badannya dapat meraih 5 mtr. serta satu gigitannya cukup untuk mematikan seekor gajah. 

Ular mengonsumsi mangsanya bulat-bulat ; berarti, tanpa ada dikunyah jadi keping-keping yang lebih kecil. Gigi di mulut ular tak mempunyai manfaat untuk kunyah, tetapi sebatas untuk memegang mangsanya supaya tak gampang lepas. 

Type ular besar seperti piton (phyton), mampu melahap anak kerbau sekali telan. Ular dapat memangsa hewan bertubuh besar, lantaran tak mempunyai tulang rahang. Serta, ia bisa buka mulutnya hingga lebar sekali. Namun saat ular telah makan hewanbesar, gerakannya jadi lamban. Itu lantaran perutnya perlu saat lama untuk mengolah. Sepanjang itu, ia bakal berpuasa sepanjang berhari-hari, bahkan juga hingga 2-3 minggu. 

kenyataan tentang yang lain yakni nyatanya ular juga berpuasa waktu ubah kulit, tak meninggalkan tempatnya sepanjang satu-dua minggu. Sesudah tak makan dalam kurun saat lama, ular memperoleh kulit yang tambah baik, lebih fresh serta kembali bergerak lincah. 


11. Sapi 
Sapi mungkin saja yaitu hewanpaling popular dalam Al Qur'an, lantaran namanya diabadikan sebagai nama surat ke-2 sekalian surat terpanjang yakni Al Baqarah (sapi betina). Dalam surat ini Allah bercerita mengenai bani Israil yang sukai banyak ajukan pertanyaan yang pada akhirnya jadi menyusahkan diri mereka sendiri. 

Sapi adalah hewan herbivora (pemakan rumput). Uniknya, sapi tak dapat menggigit lantaran tak mempunyai gigi atas sisi depan tetapi cuma susunan padat serta keras pada rahang atasnya. Untuk mengonsumsi rumput, sapi memakai lidahnya yang besar untuk menggulung serta menariknya kedalam mulut. Sekurang-kurangnya sapi bakal mengunyahnya 50 kali permenit. 

Nyatanya sapi itu termasuk juga hewan sosial. Mereka membuat grup besar serta mempunyai ikatan yang kuat sesama anggotanya serta hindari grup lain. Bercak hitam pada badan sapi serupa sidik jari pada manusia. Karena itu, tak ada satu sapi juga yang memiliki pola bercak hitam yang sama persis dengan sapi yang lain. 

Sapi memiliki daya penciuman yang begitu tajam serta dapat mencium suatu hal yang berjarak 8 km jauhnya. Sapi dapat juga mendengar nada dengan frekwensi lebih rendah atau lebih tinggi dari yang manusia dapat dengar. 

Hebatnya, di tanah berlumpur sapi dapat lari lebih cepat dari pada kuda. Hal semacam ini lantaran kuku kakinya yang melebar hingga tak gampang tenggelam kedalam lumpur. Walau sapi dapat menaiki tangga, tetapi mereka bakal kesusahan menuruninya karena lututnya tak dapat menekuk dengan prima. 

12. Domba 
Dalam Islam, domba kerap dihubungkan dengan syariat berkurban. Allah menyebutkannya pada Ash Shaffat ayat 102-107. Allah memerintahkan Nabi Ibrahim 'alaihissalam untuk menyembelih putranya, Ismail 'alaihissalam. Ketika keduanya sudah pasrah serta Allah tahu kesabaran mereka, jadi Allah ubahkan posisi Ismail dengan 'seekor sembelihan yang besar'. Ulama pakar tafsir menjelaskan, kalau itu yaitu domba kibas memiliki ukuran besar. 

Tiap-tiap tahunnya jutaan domba disembelih oleh umat manusia, baik untuk dikonsumsi keseharian ataupun untuk hewan kurban. Menakjubkannya kehadiran domba selalu terbangun selama hidup. Domba selalu ada serta tak punah meskipun sehari-hari disembelih. 

Seperti hewanternak yang lain, domba termasuk juga hewan sosial. Mereka sukai bergerombol waktu mencari makan. Tetapi tak seperti sapi, domba lebih selektif pilih rumput untuk dimakannya. Mereka pilih yang beberapa fresh serta hindari yang terkontaminasi toksin. 

Domba mempunyai visual 270 derajat, hingga ia tak perlu menengok untuk tahu yang ada di belakangnya. Hal semacam ini lantaran posisi penglihatannya yang menyamping. Domba mempunyai daya ingat mumpuni, mereka mengetahui muka beberapa rekannya serta manusia. Subhanallah... 

Sekianlah kenyataan unik dari hewan-hewan yang sudah dijelaskan dalam Al Qur'an, mudah-mudahan bisa memberi keimanan kita pada Allah SWT. Mudah-mudahan bikin kita lebih menghormati sesama ciptaan Allah SWT